Pertamina Patra Niaga Siap Salurkan BBM Subsidi

Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
15 Maret 2024, 16:48
pertamina patra niaga
Dok Pertamina Patra Niaga
Button AI Summarize

Besaran kuota subsidi BBM dan LPG pada tahun 2024 telah ditetapkan. Minyak Tanah sebanyak 0,5 juta kilo liter (KL), minyak Solar sebesar 17,8 juta KL, dan LPG tabung 3 Kg sebesar 8,03 juta metric ton (MT).

PT Pertamina Patra Niaga sebagai subholding commercial & trading Pertamina memastikan distribusi energi bersubsidi di tahun 2024 dapat menjangkau masyarakat kurang mampu di seluruh pelosok negeri dengan harga terjangkau.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengatakan, Pertamina Patra Niaga siap menyalurkan BBM dan LPG subsidi sesuai dengan kuota yang ditetapkan Pemerintah. Bahkan pihaknya melakukan inovasi untuk memastikan BBM dan LPG subsidi bisa tepat sasaran.

Ia menjelaskan, Pertamina Patra Niaga melakukan beberapa inovasi yang utama melalui program digitalisasi. 

“Sudah berjalan dan terus kami evaluasi adalah Program Subsidi Tepat untuk JBT Solar dan mulai awal tahun ini dijalankan Subsidi Tepat LPG 3 Kg,” terang Riva dalam keterangan tertulis, Jumat (15/3). 

Subsidi Tepat JBT Solar sudah diuji coba sejak tahun 2022 dan berjalan secara nasional di 514 kota dan kabupaten untuk penggunaan QR code pada Juli 2023 lalu. 

Sepanjang tahun 2023, hampir 14 juta KL transaksi Solar sudah tercatat secara digital. Sebanyak 92% merupakan penyaluran ke kendaraan dan 8% sisanya kepada usaha perikanan, usaha pertanian, UMKM, dan layanan umum seperti fasilitas kesehatan dan BNPB. 

Untuk LPG 3 Kg, sejak Januari lalu juga sudah diwajibkan masyarakat menunjukkan KTP untuk kemudian NIK-nya akan di cek melalui merchant apps Pertamina (MAP) di pangkalan sebelum dapat membeli LPG bersubsidi. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...