CEO Saudi Aramco: Transisi Energi Gagal, Phase Out Minyak Cuma Fantasi

Happy Fajrian
20 Maret 2024, 18:04
transisi energi, saudi aramco
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc.
Petugas melakukan pemeriksaan di unit Treated Distillate Hydro Treating (TDHT) Green Refinery PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (2/11/2023).
Button AI Summarize

CEO Saudi Aramco Amin Nasser mengatakan bahwa transisi energi dunia telah gagal. Dia mendorong para pembuat kebijakan untuk meninggalkan fantasi untuk menghentikan konsumsi minyak dan gas karena permintaan bahan bakar fosil diperkirakan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

“Di dunia nyata, strategi transisi saat ini tampak gagal di sebagian besar bidang karena bertabrakan dengan lima kenyataan sulit,” kata Nasser dalam wawancara panel di konferensi energi CERAWeek oleh S&P Global di Houston, Texas, seperti dikutip dari CNBC, Rabu (20/3).

“Penyetelan ulang strategi transisi sangat diperlukan dan usulan saya adalah: Kita harus meninggalkan fantasi penghapusan minyak dan gas secara bertahap dan sebaliknya berinvestasi pada mi gas secara komprehensif yang mencerminkan asumsi permintaan yang realistis,” ujarnya.

Badan Energi Internasional yang berbasis di Paris memperkirakan tahun lalu bahwa puncak permintaan minyak, gas, dan batu bara akan terjadi pada tahun 2030.

Menurut Nasser permintaan minyak tidak akan mencapai puncaknya dalam waktu dekat, apalagi pada tahun tersebut. Nasser berpendapat bahwa IEA berfokus pada permintaan di AS dan Eropa dan perlu fokus pada negara berkembang juga.

Nasser mengatakan sumber energi alternatif tidak mampu menggantikan hidrokarbon dalam skala besar, meskipun dunia telah berinvestasi lebih dari US$ 9,5 triliun selama dua dekade terakhir.

Saat ini pembangkit listrik tenaga angin dan surya memasok kurang dari 4% kebutuhan energi dunia, sementara total penetrasi kendaraan listrik kurang dari 3%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...