Jaga Mudik 193 Juta Warga RI, Pertamina Tambah Stok BBM Hingga 20%

Mela Syaharani
28 Maret 2024, 18:53
mudik lebaran, spbu, bbm, pertamina
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/Spt.
Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Bio Solar di SPBU Asaya, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (5/1/2024).
Button AI Summarize

Pertamina menambah stok BBM untuk persiapan menghadapi musim mudik Lebaran. Ketahanan pasokan BBM jenis gasoline atau bensin ditingkatkan dari semula 18-20 hari menjadi 61 hari, atau secara volume ditambah sekitar 15-20%.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan pada periode Idul Fitri 2024 akan terjadi lonjakan jumlah pemudik mencapai 56% dibandingkan sebelumnya.

“Kami menggunakan data proyeksi dari Kemenhub (Kementerian Perhubungan), jumlah pemudik tahun lalu 123,8 juta orang, tahun ini mencapai 193,6 juta orang. Jadi sekitar 71% penduduk Indonesia akan mudik,” kata Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VI DPR RI pada Kamis (28/3).

Guna menghadapi gelombang mudik yang besar pada Idul Fitri ini, Nicke mengatakan Pertamina sudah menambah stok bahan bakar jauh lebih tinggi.

“Jadi kalau biasanya sebagai gambaran gasoline itu sekitar 18 hari atau maks 20 hari, ini (Idul Fitri) kami sediakan 30 hari, kemudian avtur bisa meng-cover sampai 38 hari, jadi sangat tinggi yang kami siapkan untuk stoknya,” ujarnya.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengatakan Idul Fitri tahun ini yang menjadi perhatian adalah produk Pertalite dan Pertamax yang merupakan produk dengan konsumsi terbesar di periode mudik untuk alat-alat transportasi darat.

“Itu kami tingkatkan secara stoknya itu 15-20% dibandingkan dengan periode reguler. Untuk LPG kami meningkatkan dan juga melakukan build up stok di level 5-10% dibandingkan dengan periode reguler,” kata Riva.

Melalui peningkatan stok hingga 10% maka stok coverage LPG selama 15 hari. Sementara untuk gasoline coveragenya berada di angka 23 hingga 61 hari. Untuk di biosolar atau di gas oil itu coveragenya ada di angka 18 hingga 69 hari dan Avtur coverage mencapai 31 hari.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...