Pertamina Tambah 14,4 juta Tabung LPG 3 Kg hingga H+3 Lebaran 2024

Image title
15 April 2024, 11:33
LPG 3 Kg
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/aww.
Petugas melakukan pengisian tabung LPG 3 kg di SPBE Tanjungwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (28/3/2024).
Button AI Summarize

PT Pertamina melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga, telah menambah pasokan LPG 3 Kg sebanyak 14,4 juta tabung selama masa Ramadan hingga H+3 Lebaran 2024 di seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra mengatakan, tambahan pasokan tersebut setara dengan 43.000 metrik ton (MT).

"Stok di Agen dan Pangkalan resmi LPG 3 Kg terpantau aman, untuk itu, kami mengimbau masyarakat membelinya di pangkalan resmi, agar mendapatkan harga sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan Pemda. Jika di pengecer, tentu lebih mahal," kata Mars Ega, dalam keterangan resmi, Senin (15/4).

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menambahkan, stok LPG 3 kg aman berada di atas 15 hari. Ia menjelaskan, kehandalan stok mulai dari SPBE hingga agen dan pangkalan adalah salah satu cara mengantisipasi lonjakan kebutuhan hingga masa libur Lebaran 2024 selesai.

Pada masa libur Lebaran 2024, Pertamina Patra Niaga telah menyiapkan 5.027 agen siaga dan pangkalan siaga yang tetap beroperasi saat libur untuk melayani masyarakat.

"Kami terus memonitor penambahan alokasi LPG 3 Kg ke daerah yang memang membutuhkan, dan tim lapangan terus melakukan pengecekan berkala di agen dan pangkalan siaga kami," kata Irto.

Penambahan pasokan LPG 3 Kg telah dilakukan oleh Pertamina Patra Niaga sejak Senin (8/4) atau H-2 Lebaran 2024, setelah sebelumnya menambah pasokan selama masa Ramadan.

Pada H-2 Lebaran 2024, Pertamina Patra Niaga melaporkan telah menambah pasokan LPG 3 kg sebanyak 22.087 MT atau setara dengan 7,36 juta tabung. Tambahan pasokan LPG 3 kg ini, dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat seiring Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H.

"Penambahahan alokasi LPG 3 kg diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat pada masa Ramadan dan Lebaran 2024. Penambahan juga dilakukan dengan hati-hati agar bisa tepat sasaran," kata Irto Ginting, dalam keterangan tertulis.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...