Cina Luncurkan Mesin Diesel dengan Efisiensi Panas Tertinggi di Dunia

Safrezi Fitra
21 April 2024, 10:30
Cina Luncurkan Mesin Diesel dengan Efisiensi Panas Tertinggi di Dunia, mesin diesel hemat energi, mesin diesel ramah lingkungan, weichai, cina luncurkan mesin diesel ramah lingkungan
https://m.en.weichai.com/
Ilustrasi pameran mesin Weichai
Button AI Summarize

Perusahaan Cina, Weichai Power Co., Ltd, meluncurkan mesin diesel yang diklaim memiliki tingkat efisiensi panas tertinggi di dunia. Mesin dapat melakukan efisiensi panas hingga 53 persen, sehingga dapat menghemat nilai keekonomian 14 persen.

Mesin ini diklaim dapat menghemat bahan bakar minyak hingga 31 juta ton dan emisi karbon yang dapat dikurangi mencapai 97 ton per tahun. Dengan penggunaan traktor mesin diesel yang bekerja 250.000 kilometer dalam setahun, artinya ada 12 ribu liter solar yang dihemat. Bila harga solar saat ini adalah 7,8 yuan per liter (sekitar Rp17.413) maka dapat menghemat 98 ribu yuan per tahun (sekitar Rp219 juta).

Mesin ini pun telah mendapatkan sertifikat dunia. Dua lembaga penguji yaitu TÜV SUD asal Jerman dan China Automotive Technology and Research Center (CATARC) dari China memberikan sertifikasi lolos uji profesional untuk mesin buatan perusahaan Weichai Power tersebut.

"TUV SUD telah menguji mesin diesel dari perusahaan ini dan hasil uji menunjukkan mesin dapat melakukan efisiensi termal," kata Wakil Presiden TUV SUD He Nuobe melalui video yang ditayangkan saat pengenalan mesin itu untuk pertama kali di Tianjin, China, Sabtu (20/4).

Mesin tersebut diperkenalkan untuk pertama kali ke publik dalam pembukaan Kongres Dunia Mesin Pembakaran Dalam (World Congress on Internal Combustion Engines) 2024 yang digelar di Tianjin. Kongres ini dihadiri berbagai akademisi dan praktisi dari China, Jerman, Inggris, Jepang, Amerika Serikat, Kanada, Spanyol, Jepang, dan negara lain.

Ketua Perhimpunan Sains dan Teknologi China Wan Gang mengatakan saat ini adalah kesempatan bagi industri otomotif untuk membuat inovasi kendaraan ramah lingkungan punya pasar yang sangat besar. Selain kendaraan listrik, mesin pembakaran internal juga punya kesempatan untuk mendapatkan pasar dengan cara bertransformasi menggunakan mesin rendah karbon.

Menurut dia, saat ini sedang dikembangkan mobil hibrida yang hanya membutuhkan bahan bakar kurang dari 4 liter bensin untuk menempuh jarak 100 kilometer. Pengembangan untuk kendaraan-kendaraan besar seperti bus, angkutan logistik, truk dengan menggunakan mesin hidrogen juga terbuka.

Dalam menghasilkan mesin diesel dengan efisiensi termal, perusahaan Weichai Power telah membentuk tim penelitian dan pengembangan sejak 2015. Hasilnya pada 16 September 2020, Weichai Power merilis mesin diesel pertama dengan efisiensi termal sebesar 50,23 persen.

Dua tahun kemudian, tingkat efisiensinya meningkat menjadi 51,09-52,28 persen (2022) dan 53,09 persen pada 2024.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...