Pertamina Buka Suara Soal Dua Kerabat Jokowi jadi Petinggi Perusahaan

Mela Syaharani
10 Juni 2024, 13:25
pertamina, jokowi
LPG Pertamina KATADATA | Donang Wahyu
Pertamina.
Button AI Summarize

PT Pertamina (Persero) menanggapi kabar terkait dua kerabat Presiden Joko Widodo menduduki jabatan di perusahaan migas pelat merah RI.

Dua orang yang dimaksud adalah Manajer Non-Government Relations PT Pertamina (Persero) yakni Bagaskara Ikhlasulla Arif dan Direktur Pemasaran dan Operasi PT Pertamina Patra Logistik, Joko Priambodo.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengatakan Bagaskara mulai bergabung menjadi bagian dari PT Pertamina (Persero) sejak tiga tahun lalu.

“Masuk Pertamina sejak 2021, melalui jalur profesional atau experienced hire (pro hire),” kata Fadjar saat dihubungi Katadata.co.id pada Senin (10/6).

Bagas merupakan anak dari adik bungsu Jokowi yakni pasangan Arif Budi Sulistyo dan Titik Relawati. Menurut laman resmi Pangkalan Data Pendidikan Tinggi atau PDDIKTI, ia tercatat sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas gadjah Mada (UGM), masuk pada 2011 dan lulus pada 2016.

Fadjar mengatakan setelah tiga tahun bekerja di Pertamina, Bagaskara kemudian mengikuti seleksi internal yang menjadikan dirinya diangkat menjadi manajer per Maret 2024. “Semua sesuai prosedur yang berlaku di perusahaan,” ujarnya.

Fadjar menegaskan, Pertamina biasa melakukan rekrutmen experienced hire sesuai kebutuhan perusahaan dengan melihat kompetensinya, dan rekrutmen ini dilakukan sesuai standar yang berlaku di Pertamina.

Kerabat Jokowi yang kedua yakni Joko Priambodo yang merupakan keponakan Jokowi dan menantu dari hakim Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan proses penunjukan Joko Priambodo sebagai Direktur Pemasaran dan Operasi Patra Logistik pada 20 Mei 2024 lalu.

Irto menyebut, penunjukkan ini sudah dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku. “Yang bersangkutan bergabung di Pertamina sejak 2017 dan merintis karir dari bawah,” kata Irto saat dihubungi Katadata.co.id pada Senin (10/6).

Irto membeberkan, selama di Pertamina Joko memegang berbagai posisi, yakni Stakeholder Relations Management Pertamina (Persero), Board of Director Office Pertamina (Persero), Sales Branch Manager Yogyakarta, Sales Area Manager Banten, dan di bidang logistik memiliki pengalaman di Pertamina International Shipping.

“Selama bekerja di Pertamina, yang bersangkutan juga menunjukkan kinerja yang cemerlang dan pernah beberapa kali mendapat penghargaan dari perusahaan sehingga masuk dalam list Top Talent Management Pertamina group,” ujar Irto.

Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...