Pipa di Terminal BBM Tuban Bocor, Ini Penjelasan Pertamina

Mela Syaharani
10 Juni 2024, 14:17
pertamina, terminal bbm pertamina, pipa bocor, bbm
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Seorang petugas berada di depan mobil tangki yang melakukan pengisian BBM ke mobil tangki di area pengisian otomatis (New Gantry System) Integrated Terminal BBM Jakarta, Plumpang, Senin (23/12/2019).
Button AI Summarize

Terjadi kebocoran pipa di Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina di Tuban, Jawa Timur, pada Senin (10/6) pukul 02.00 WIB. Pertamina Patra Niaga mengatakan produk yang mengalami kebocoran di pipa tersebut adalah BBM jenis Pertamax.

Akibat peristiwa ini, sejumlah warga yang berada di lokasi kejadian mengungsi untuk menghindari segala risiko akibat kebocoran pipa gas. Area Manager Communication, Relation & CSR Jatimbalinus Ahad Rahedi mengatakan bahwa kondisi saat ini sudah berangsur membaik

“Sebagian warga sudah kembali ke rumah, penyaluran BBM ke masyarakat Tuban dan sekitarnya tetap berjalan normal dan stok dipastikan aman. Kami juga terus berkoordinasi dengan Forkopimda, BPBD serta lembaga dan instansi terkait lainnya di Tuban," kata Ahad dalam keterangan resminya, pada Senin (10/6).

Ahad menyampaikan sesaat kebocoran pipa terjadi, pihaknya langsung bertindak dengan memastikan dinding pengamanan mampu memagari agar rembesan tidak meluber (auto protection).

Ahad menyebut, penanganan kemudian dilakukan dengan mengerahkan vacuum truk atau penyedot minyak dan oil absorbent atau penyerap minyak agar BBM yang keluar segera tertangani.

Pertamina Patra Niaga masih menginvestigasi penyebab kebocoran pipa Pertamax ini. “Sebagai antisipasi keselamatan warga, Pertamina segera melakukan evakuasi warga desa Tasikharjo yang berada di sekitar area kebocoran. Meskipun pemukiman warga berada di jarak yang cukup jauh dari Terminal BBM Tuban,” tulis Pertamina.

Pertamina Patra Niaga juga menghimbau kepada masyarakat di sekitar area Terminal BBM untuk tidak merokok maupun menyalakan api, hingga kondisi dinyatakan sepenuhnya aman. Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan seluruh pihak.

Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...