Pertamina Pastikan Penanganan Kebocoran Terminal BBM Tuban Selesai

Mela Syaharani
11 Juni 2024, 12:19
Pertamina Patra Niaga
Fauza Syahputra|Katadata
Gedung Pertamina Patra Niaga, Jakarta.
Button AI Summarize

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan memastikan penanganan kebocoran terminal bahan bakar minyak (BBM) Tuban telah selesai.

“Kami turun langsung mengecek kondisi di lapangan dan berharap hal ini tidak terjadi lagi ke depannya,” kata Riva dalam siaran pers dikutip Selasa, (11/6).

Sebelumnya, terjadi kebocoran pipa di Terminal BBM Pertamina di Tuban, Jawa Timur, pada 10 Juni 2024 pukul 02.00 WIB. Pertamina Patra Niaga mengatakan produk yang mengalami kebocoran di pipa tersebut adalah BBM jenis Pertamax. 

Akibat peristiwa ini, sejumlah warga yang berada di lokasi kejadian mengungsi untuk menghindari segala risiko akibat kebocoran pipa gas. 

Riva meminta tim Terminal BBM Tuban untuk terus menjaga operasional berjalan lancar dan tetap aktif menjalin komunikasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan masyarakat sekitar.

Dalam kunjungannya, Riva juga memastikan penanganan kesehatan warga Desa Tasikharjo tetap diperhatikan meskipun warga sudah kembali ke rumah masing-masing.

Dia juga berterima kasih atas dukungan seluruh pihak termasuk Bupati Tuban beserta jajarannya, Polres, BPBD, Puskesmas Jenu, dan masyarakat Desa Tasikharjo.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan pihaknya memastikan tidak ada tumpahan BBM yang rembes ke area pemukiman warga. 

“Pertamina Patra Niaga memiliki fasilitas oil catcher yang mampu mengantisipasi rembesan minyak,” kata Irto.

Irto menyebut vapour cloud atau uap yang timbul dari rembesan minyak dari pipa Tuban sudah tidak terdeteksi lagi. Namun, masyarakat setempat diimbau untuk tidak merokok dekat area tersebut.

Pertamina Patra Niaga memastikan penyaluran BBM ke Surabaya sudah berjalan lagi sejak pagi kemarin. Penjualan BBM di SPBU Tuban juga sudah berjalan normal pada waktu yang hampir bersamaan.

“Penyaluran mobil tangki untuk distribusi ke SPBU tetap dan sudah berjalan normal sejak pukul 08.30,” ujar Irto.

Reporter: Mela Syaharani
Editor: Sorta Tobing

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...