Tim PHE ONWJ Selamatkan 18 Awak Kapal Kargo yang Karam, Erick Thohir: Salut

Happy Fajrian
23 Juli 2024, 11:31
phe onwj, erick thohir, pertamina, pertamina hulu energi, kapal kargo, kapal karam,
Instagram @erickthohir
Tangkapan layar dari video penyelamatan 18 awak kapal kargo Glorie Indah 1 yang karam oleh tim PHE ONWJ yang diunggah Menteri BUMN Erick Thohir.
Button AI Summarize

Tim Pertamina Hulu Energi (PHE) Offshore North West Java (ONWJ) berhasil menyelamatkan 18 awak kapal kargo Glorie Indah 1 yang karam di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (20/7) malam sekitar pukul 20.30 WIB.

Menteri BUMN Erick Thohir memberikan apresiasinya terhadap aksi heroik yang ditunjukkan oleh kru PHE ONWJ. “Salut untuk seluruh tim PHE ONWJ. Para kru berhasil menyelamatkan 18 awak kapal kargo Glorie Indah 1 yang karam,” ujarnya melalui akun instagram @erickthohir, Selasa (23/7).

Erick menambahkan bahwa kejadian ini kembali mengingatkan untuk memiliki tim yang terlatih, sigap dan responsif di segala kondisi. “Terima kasih untuk dedikasinya,” ujarnya mengakhiri unggahannya.

Jalannya Proses Evakuasi

Terkait aksi penyelamatan tersebut, PHE melalui video yang diunggah ke akun instagram-nya @phe.pertamina, menjelaskan proses penyelamatan mulai dari menerima sinyal darurat hingga proses evakuasi.

“Awalnya tim area lapangan Zulu PHE ONWJ yang berjarak sekitar 11,11 km dari lokasi kapal Glorie Indah 1 menerima sinyal darurat dan langsung mengirim unit kapal TB Mulia serta melaporkan insiden,” tulis PHE dalam narasi videonya.

“Kapal TB mulia direncanakan menarik kapal Glorie Indah 1 ke daratan terdekat. Namun karena kondisi kian darurat, kru PHE ONWJ memprioritaskan upaya penyelamatan 18 kru yang terjebak.“

“Meski penerangan minim, akhirnya para awak kapal Glorie Indah 1 berhasil diselamatkan dan mendapatkan pertolongan medis. Esoknya seluruh awak kapal kembali ke Jakarta menggunakana kapal Pan Marine-12 milik PHE ONWJ.“

PHE mengatakan bahwa proses penyelamatan berlangsung selama 20 menit. “Berkat keterampilan kru PHE ONWJ yang sudah dibekali dasar-dasar penyelamatan di laut, seluruh awak kapal Glorie Indah 1 berhasil dipindahkan ke kapal TB Mulia tepat sebelum kapal karam,” tulis PHE melalui akun instagram-nya.

Video aksi penyelamatan yang diunggah di laman instagram PHE ini mendapatkan respon yang positif dari warganet. Salah satunya dari akun yang mengaku sebagai putera dari kapten kapal Glorie Indah 1.

“Ayah saya merupakan kapten kapal Glorie Indah tsb.. Kami hanya mampu berterima kasih sebanyak-banyaknya dari keluarga kami untuk tim rescue dan tim boring Pertamina PHE yang telah meyelamatkan dan menampung 18 kru kapal,” ujar akun @fajar.rzky.

Dia pun mendoakan kelancaran dan keselamatan kepada tim rescue dan tim boring Pertamina PHE dalam bertugas. “Jaya terus Pertamina,” ujarnya mengakhiri postingan yang diunggah pada Senin (22/7).

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...