Kumpulkan Sejumlah Menteri, Jokowi Perintahkan Genjot Produksi Migas

Muhamad Fajar Riyandanu
31 Juli 2024, 15:23
migas, jokowi, esdm
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/YU
Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat pelepasan kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/7/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo  atau Jokowi meminta produksi minyak dan gas bumi digenjot untuk menjaga tren ketahanan energi nasional. Arahan tersebut disampaikan saat Jokowi memimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (31/7).

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan Jokowi memerintahkan pihaknya untuk mempercepat pengelolaan lima wilayah kerja (WK) migas prioritas yang tersebar di Selat Makassar dan perairan Indonesia Timur.

"Soal produksi migas perlu ada percepatan karena memang prospeknya sudah mulai terlihat," kata Arifin ditemui seusai rapat.

Dia menjelaskan, lima WK Migas prioritas itu merujuk pada hasil geosesmik yang telah dilakukan pada 2020 silam. Dari hasil pencarian melalui teknik gelombang seismik, Kementerian ESDM mendapati ada beberapa potensi temuan migas baru.

Lima area migas yang menjadi fokus Pemerintah ini merupakan hasil survei seismik 2D sepanjang 32 kilometer (KM) di WK Jambi Merang oleh Pertamina Hulu Energi Jambi Merang. Survei dilakukan sejak 20 November 2019 dan selesai 3 Agustus 2020.

Adapun lima area yang kini menjadi fokus pemerintah yakni Buton, Seram, Warin, Aru-Arafura dan West Papua Onshore. Arifin mengatakan pemerintah akan mengajak para kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) untuk melaksanakan studi bersama.

"Dari lima WK Migas baru yang kerja sama untuk studi bersama," ujar Arifin.

Kementerian ESDM sebelumnya mengatakan terdapat partisipasi perusahaan Cina yakni Sinopec dan Petrochina dalam joint study dua fokus area eksplorasi migas di Indonesia Timur yakni Buton dan Timor.

“Dua area tersebut telah ditetapkan sebagai area joint study pada Juni 2024. Setelah nanti joint study selesai, selanjutnya penawaran langsung wilayah kerja migas (WK), penetapan pemenang WK dan eksplorasi migas,” kata Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Ariana Soemanto dikutip Selasa (30/7).

Selain Buton dan Timor, ada tiga WK lain yakni Seram, Aru-Arafura dan West Papua Onshore yang masuk dalam fokus area eksplorasi di Indonesia Timur. Selain joint study area, Kementerian ESDM tahun ini juga telah melelangkan lima blok migas yang ditawarkan pada perhelatan Indonesia Petroleum Association (IPA) 2024 pada Mei 2024.

Selain Arifin, rapat terbatas itu juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...