PT Timah Jalin Kerja Sama Strategis dengan Perusahaan Cina, Yunnan Tin

Mela Syaharani
26 Agustus 2024, 13:13
Logo PT Timah Tbk
Katadata | Arief Kamaludin
Logo PT Timah Tbk.
Button AI Summarize

PT Timah Tbk menjalin kerja sama strategis dengan perusahaan asal Cina, Yunnan Tin Co. Ltd. Kerja sama ini mencakup pemanfaatan sumber daya mineral, pertambangan, teknologi peleburan dan pemurnian (smelter), perdagangan internasional, pertukaran informasi, dan pengembangan produk hilir.

"Kamiyakin kerja sama ini mampu memberikan nilai tambah bagi industri timah domestik ke depan," ujar Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso di Yunnan-Kunming, Cina, Jumat (23/8). PT Timah merupakan anggota badan usaha milik negara (BUMN) holding industri pertambangan, MIND ID. 

Hendi juga mengatakan kolaborasi kedua perusahaan dapat membuka peluang peningaktan kapablitias dan teknologi baru. "Sehingga operasional pertambangan mineral di masa depan dapat lebih efektif," ucapnya. 

Direktur Utama PT Timah Ahmad Dani Virsal mengatakan, perusahaan bersama Yunnan Tin ingin berbagi pengetahuan teknis, keahlian, dan praktik terbaik dalam mengelola industri timah. 

"Kerja sama strategis ini menandai babak baru dalam upaya kedua perusahaan untuk saling memperkuat posisi perusahaan di pasar global dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi industri timah nasional dan global," kata Ahmad.

Presiden Yunnan Tin Luke Liu menyampaikan perjanjian strategis ini untuk memperkuat teknis dan kerja sama di bidang pertambangan, dengan fokus pada pengembangan tambang, eksplorasi, penambangan dan pengolahan, pengolahan tailing, dan lainnya. 

"Kedua pihak percaya penguatan kerja sama akan membantu memandu pengembangan industri dan mempertahankan pasar," kata Liu.

Reporter: Mela Syaharani
Editor: Sorta Tobing

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...