ESDM akan Lelang 6 Wilayah Kerja Migas pada Oktober

Mela Syaharani
26 September 2024, 11:29
lelang, lelang migas, wilayah kerja migas
ANTARA FOTO/IDHAD ZAKARIA
Ilustrasi.
Button AI Summarize

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan melelang 6 wilayah kerja atau WK migas pada bulan depan. Direktur Pembinaan Program Hulu Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Ariana Soemanto menyebut WK yang akan dilelang, antara lain berasal dari fokus eksplorasi area Indonesia Timur, meliputi Buton, Timor, Seram, Aru, dan Papua.

“Dari lima area tersebut sudah ada yang menjadi blok migas baru, dan bulan depan ada yang menjadi kandidat WK yang akan dilelang," kata Ariana pada acara Focus Group Discussion (FGD) bertajuk "Memikat Investor Hulu Migas Demi Ketahanan Nasional", dikutip dari siaran pers, pada Rabu (26/9).

Ia menjelaskan, upaya eksplorasi dilakukan selama ini melalui studi gabungan. Saat ini, terdapat 17 area yang dieksplorsi dan 11 area yang masih dalam tahap pengajuan. 

Adapun lelang, menurut Ariana, merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan cadangan dan produksi di tengah tantangan penurunan produksi migas serta fluktuasi harga minyak dunia. Selain lelang, peningkatan cadangan dan produksi produksi migas  dilakukan melalui  penerapan teknologi untuk mengoptimalisasi produksi, reaktivasi lapangan idle, serta dengan membuat atau merevisi kebijakan-kebijakan baru.

Kementerian ESDM pada awal bulan ini telah mengumumkan pemenang lelang penawaran langsung WK migas tahap I 2024 untuk WK Central Andaman, WK Amanah, dan WK Melati pada Selasa (3/9). Pengumuman ini memiliki nilai investasi berupa komitmen pasti sebesar US$ 19.882.293 atau Rp 308,97 miliar (kurs Rp 15.540) dan bonus tanda tangan sebesar US$ 800.000 atau Rp 12,43 miliar.

“Terdapat perusahaan migas Cina yang berpartisipasi dalam lelang WK migas ini. Untuk itu kami juga turut mengucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah Cina,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Dadan Kusdiana dalam siaran pers, Selasa (3/9). 

Pengumuman pemenang lelang WK tersebut ditandai dengan penyampaian Surat Penetapan Pemenang Lelang oleh Menteri ESDM Bahlil Lahadalia kepada Badan Usaha/Bentuk Usaha Tetap Peserta Lelang. “Kami ucapkan selamat kepada para pemenang,” ujar Dadan. 

Dalam lelang WK migas tahap 1 2024, terdapat lima WK yang telah ditawarkan, yakni WK Amanah, WK Central Andaman, WK Melati, Wilayah Kerja Panai, dan WK Pesut Mahakam. Lelang WK Panai dan WK Pesut Mahakam masih berlangsung, dan ditawarkan dengan mekanisme Lelang Reguler serta akan berakhir pada 11 September 2024. 

Kementerian ESDM menyebut, dalam rencana lelang WK migas tahap II 2024 terdapat beberapa WK yang dinilai potensial dan menjadi kandidat yang akan ditawarkan, yaitu WK Air Komering, WK Binaiya, WK Gaea, WK Kojo, dan WK Serpang.

Reporter: Mela Syaharani
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...