Produsen Sepeda Asal Kendal Ekspor ke Malaysia, SNI Diterima Global

Cahya Puteri Abdi Rabbi
14 Oktober 2021, 09:19
ekspor, malaysia, sepeda, bisnis sepeda
@bskjikemenperin/twitter
Sepeda produksi PT Roda Maju Bahagia asal Kendal yang diekspor ke Malaysia

PT. Roda Maju Bahagia melepas ekspor sepeda ke Malaysia, pada Rabu (13/10). Ekspor sepeda produksi Kendal, Jawa Tengah, tersebut membuktikan Standar Nasional Indonesia (SNI) mendapatkan pengakuan dari pasar global. 

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita  berharap ekspor sepeda Roda Maju Bahagia memacu pelaku industri untuk meningkatkan ekspor produk mereka.

“Hal ini menunjukkan adanya penerimaan (acceptancy) pasar internasional terhadap persyaratan dasar (base requirement) yang ditetapkan dalam SNI,” kata Agus saat melepas ekspor produk sepeda Element dari PT. Roda Maju Bahagia ke Malaysia secara daring, dikutip dari keterangan resminya, Rabu (13/10).

 Pemenuhan SNI bagi produk industri sangat penting. Di samping menjadi persyaratan teknis dalam menjamin aspek kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan hidup (K3LH), SNI juga dapat menjadi nilai tambah dan memberikan kekuatan suatu produk untuk menembus pasar ekspor.

Pihaknya mendukung para pelaku industri, terutama dengan skala industri kecil dan menengah (IKM) untuk dapat memenuhi kewajiban memperoleh SNI.

“Terlebih, produk sepeda roda dua dikenai pemberlakuan SNI wajib,” ujarnya.

Aturan wajib SNI tersebut ditetapkan untuk meningkatkan daya saing industri nasional dan penciptaan persaingan yang sehat.

Pemberlakukan peraturan tersebut juga mendorong agar produk-produk dari dalam negeri bisa berdaya saing, sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor.

 Keberhasilan ekspor ini juga merupakan buah dari investasi. Artinya, Indonesia mampu menciptakan iklim usaha yang kondusif.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...