Nestle Habiskan Rp 1,6 Triliun per Tahun untuk Beli Susu Segar Lokal

Cahya Puteri Abdi Rabbi
7 Desember 2021, 09:57
Nestle, susu segar, susu, industri
@Nestle_IDN/twitter
Pihak Nestle Indonesia bertemu dengan peternak sapi perah di Jawa Timur dan memberikan pendampingan teknis & pelatihan.

PT Nestle Indonesia melakukan pembelian susu segar dari peternak sapi perah di pedesaan senilai Rp 1,6 triliun per tahunnya. Pembelian tersebut merupakan bagian dari kemitraan sekaligus memenuhi kebutuhan nasional yang terus naik di tengah minimnya pasokan dalam negeri.

“Setiap tahun, Nestlé Indonesia membayar sekitar Rp1,6 triliun untuk pembelian susu segar kepada para peternak sapi perah di pedesaan, yang mendukung pembangunan ekonomi pedesaan dan penghidupan para peternak sapi perah,” ujar Presiden Direktur Nestlé Indonesia Ganesan Ampalavanar, dalam siaran pers Kementerian Perindustrian, Senin (6/12).

Ganesan menegaskan, selama 50 tahun beroperasi, Nestle berkomitmen untuk menggunakan sebanyak mungkin bahan baku setempat, termasuk susu segar dari peternak rakyat.

Langkah tersebut diharapkan bisa menciptakan lebih banyak lapangan kerja serta berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia.

 "Kemitraan ini merupakan wujud nyata keyakinan bagi perusahaan, bahwa untuk mencapai sukses jangka panjang, masyarakat sekitar perusahaan juga harus sejahtera," tambahnya.

Dikutip dari laman twitter Nestle Indonesia,  perusahaan tersebut bermitra dengan peternak sapi perah di Jawa Timur dengan memberikan pendampingan teknis dan pelatihan.

Setiap hari, mereka membeli lebih dr 750 ribu liter susu segar dari 27 ribu peternak sapi perah di Jawa Timur. 

Sebagai informasi, pasokan bahan baku susu segar dari dalam negeri masih jauh dari angka kebutuhan.

Bahan baku dalam negeri hanya bisa mencukupi kebutuhan industri sekitar 22%, dan 78% kebutuhan bahan baku masih diimpor.

Plt. Dirjen Industri Agro Kemenperin mengatakan, salah satu tantangan saat ini dalam pengembangan produksi SSDN, yaitu produktivitas susu segar dari sapi perah rakyat hanya 8-12 liter per ekor per hari.

Sementara itu, secara best practice-nya, yang ideal bisa mencapai 30 liter per ekor per hari.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...