Lahan Segera Beres, Tol Makassar New Port Ditarget Selesai Juni 2023

Rizky Alika
8 Februari 2022, 16:41
Makassar New Port, tol
ANTARA/ Suriani Mappong
Ilustrasi suasana sekitar kawasan tol menuju Makassar New Port yang merupakan salah satu pelabuhan kelolaan PT Pelindo IV, Makassar.

Pengadaan lahan untuk pembangunan jalan akses Tol Makassar New Port, Tallo, Sulawesi Selatan akan segera rampung. Kantor Staf Presiden (KSP) pun menargetkan pembangunan proyek strategis nasional ini akan selesai pada Juni 2023.

Adapun, pengadaan lahan seluas 2,74 hektare ditargetkan selesai pada akhir Februari 2022.

"Ini didukung penuh oleh masyarakat kota Makassar yang bekerjasama dengan baik dalam proses pengadaan tanah,” kata Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Bidang Infrastruktur, Energi, dan Investasi, Febry Calvin Tetelepta, seperti dikutip dari keterangan pers, Selasa (8/2).

Sebelumnya, masalah pengadaan lahan sempat menjadi kendala yang menyebabkan keterlambatan konstruksi yang semestinya dimulai akhir tahun lalu.

KSP sebagai pengawal proyek mempercepat penyelesaian pengadaan lahan melalui serangkaian rapat koordinasi sejak pertengahan 2021.

Selanjutnya, pembangunan tol sepanjang 3,2 kilometer membutuhkan waktu selama 14 bulan. Pembangunan akan dilakukan melalui tiga tahap.

 Pada tahap pertama, pembangunan dilakukan mulai dari arah pelabuhan lama, Jalan Tol Seksi I menuju Makassar New Port.

Sementara itu, pembangunan tahap kedua dilakukan dari arah Bandara Internasional Sultan Hasanuddin atau Jalan Tol Makassar Seksi IV menuju Makassar New Port. Kedua tahap ini akan dikerjakan secara bersamaan.

Sedangkan, pembangunan tahap ketiga dari Makassar New Port menuju bandara akan dikerjakan pada tahap berikutnya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...