Jalan Tol Akses Makassar New Port Mulai Dibangun

Andi M. Arief
7 Februari 2022, 22:23
makassar new port, akses tol makassar new port
ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHE
Ilustrasi. Jalan tol akses New Makassar Port diharapkan dapat menunjang aktivitas bakal pelabuhan terbesar kedelapan dunia.

PT Nusantara Infrastructure Tbk melaksanakan groundbreaking atau pemancangan tiang pertama pembangunan jalan tol akses Makassar New Port. Infrastruktur ini diharapkan dapat rampung pada tahun depan sehingga dapat mendukung kegiatan Makassar New Port yang akan menjadi pelabuhan terbesar kedelapan di dunia. 

Direktur Utama PT Nusantara Infrastructure Tbk M. Ramdani Basri menjelaskan, pembangunan jalan tol ini membutuhkan lahan seluas 2,3 ,3 hektar. Sebagian besar lahan yang dibutuhkan telah selesai dibebaskan. 

"Pelaksanaan pembangunan jalan tol ini akan membutuhkan waktu 14 bulan dan melibatkan tenaga kerja mencapai 1.000 orang," ujar Ramdani dalam Groundbreaking jalan tol akses Makassar New Port, Senin (7/2). 

Adapun pembangunan Jalan Akses Tol Makassar New Port pada tahap awal akan menghubungkan pergerakan lalu lintas dari Pelabuhan Lama ke Makassar New Port dan dari Jalan Tol Makassar Seksi IV ke Makassar New Port.

Tol Akses Makassar New Port  hanya memiliki panjang total 3,2 kilometer (Km). Meski demikian, jalan tol ini diproyeksikan mampu mempercepat waktu perjalanan kendaraan niaga hingga empat kali  dibandingkan menggunakan jalan arteri. 

Kontruksi jalan tol ini akan menghubungkan Makassar New Port dengan tiga jalan tol dan dibangun dengan tiga tahapan. Pada tahap kedua, Makassar New Port akan terhubung dengan Jalan Tol Ujungpandang-Makassaer seksi 4 dan Jalan Tol A. Pettarani. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...