Menuju Indonesia Emas 2045, Erick Thohir: HIPMI Harus Bertransformasi

Padjar Iswara
11 Juni 2022, 18:50
Menuju Indonesia Emas 2045, Erick Thohir: HIPMI Harus Bertransformasi
Kementerian BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir menyarankan agar para pengusaha muda yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) melakukan transformasi.

Menurut dia, hanya dengan semangat perubahan, HIPMI akan menjadi wadah yang sesuai dengan spirit generasi Z dan milenial yang kini banyak terjun menjadi pengusaha muda.

"Saya pernah bicara peta biru HIPMI, yakni dunia ini berubah, kalau kita tidak mau berubah, akan ketinggalan,” kata dia saat menghadiri HUT HIPMI ke-50 di Jakarta Convention Center, Sabtu (11/6).

Dalam acara yang dihadiri Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, Ketua Umum HIPMI, Mardani H. Maming, dan pengurus, serta anggota HIPMI, Erick menekankan agar HIPMI memanfaatkan bonus demografi untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

Sama seperti BUMN, ujar dia, jika tidak mau bertransformasi di tengah perubahan yang luar biasa juga akan tertinggal. Karena itu, spirit transformasi harus terus dijalankan HIPMI agar secara organisasi akan bermanfaat, dan berperan nyata bagi kemajuan bangsa.

Ia juga menekankan, slogan HIPMI yang berbunyi pengusaha pejuang harus diaplikasikan pada tantangan nyata dalam menghadapi disrupsi global yang meliputi, geo-ekonomi, demografi, lingkungan hidup, teknologi, dan kesehatan.

“Saat ini kita tidak bicara globalisasi, tapi regionalisasi. Bagaimana menguasai pasar ASEAN dan juga Asia yang ternyata punya oportunity besar,” katanya.”Lalu cara kita menghadapi tantangan lingkungan yang berdampak pada krisis pangan, serta bisnis yang terus berubah dengan akan banyak lapangan kerja yang hilang."

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...