Kucurkan Rp 40 M, Kona Bay Tambah Unit Pembesaran Induk Udang Vaname

Nadya Zahira
20 Oktober 2022, 13:33
Kona Bay
Katadata

PT Kona Bay Indonesia (KBI) bekerja sama dengan perusahaan PT Suri Tani Pemuka dan Hendrix Genetics meresmikan unit baru Pusat Pembesaran Induk Udang Vaname (broadstock multiplication center) di Kabupaten Buleleng, Bali, Kamis (20/10).  Adapun nilai investasi untuk pembangunan pusat pembesaran induk udang mencapai Rp 40 miliar.

General Manager PT Kona Bay Indonesia, Ari Setiardhi , mengatakan bahwa pusat pembesaran induk udang  seluas 16.000 m2 tersebut rencananya akan beroperasi pada November 2022. Dengan adanya penambahan unit ini, Kona Bay ditargetkan dapat menguasai 70% pasar domestik udang.

"Kona Bay sendiri kedepannya bisa memenuhi 70% dari kebutuhan pasar Indonesia sebesar 120 ribu indukan per tahun. Kita tujuannya bukan ekspor tetapi hanya fokus pada pasar pasar Indonesia," ujar Ari saat peresmian  Pusat Pembesaran Induk Udang Vaname  di Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali, Kamis (20/10).

Ari menyampaikan bahwa saat ini pihaknya menargetkan  unit ini bisa memproduksi sebanyak 80.000 indukan udang tiap tahun, "Kami juga senantiasa mengutamakan biosekuriti untuk memastika  produk yang dihasilkan aman dan berkualitas," ujarnya.

Chief Business Devolopment Office Management Hendriz Genetics, Rafael Jocubs Henri General Beeren, PT Kona Bay Indonesia fokus menyediakan hasil produksi berkualitas yang didukung dengan teknologi genetik dan pengembangan terkini. Hal itu merupakan upaya untuk menjaga standarisasi dan memastikan  kualitas indukan, 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...