PT Konimex Bantah Produk Termorex Sirup Mengandung Etilen Glikol

Aryo Widhy Wicaksono
21 Oktober 2022, 13:53
Ilustrasi, obat batuk sirup.
Freepik
Ilustrasi, obat batuk sirup.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengumumkan lima merek obat yang diduga mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG). Salah satu di antara daftar tersebut adalah obat demam Termorex Sirup yang diproduksi PT Konimex.

Menanggapi pengumuman ini, PT Konimex menyatakan semua produk obat yang mereka edarkan telah dipastikan menggunakan bahan baku sesuai Farmakope, yaitu buku standar obat yang dikeluarkan badan resmi pemerintah. Buku ini mengurai bahan obat-obatan, bahan kimia dalam obat dan sifatnya, serta khasiat obat dan dosis yang dilazimkan.

“PT Konimex senantiasa memastikan bahan baku yang digunakan dari mitra pemasok yang telah bermitra selama puluhan tahun, memenuhi persyaratan sesuai buku standar obat yang dikeluarkan oleh badan resmi pemerintah,” kata Chief Executive Officer PT Konimex Rachmadi Joesoef dalam keterangan di Jakarta, Jumat (21/10) seperti dikutip dari Antara.

Menurutnya produk obat dalam bentuk sirop yang diproduksi pihaknya tidak menggunakan bahan baku EG dan DEG. Bahan tersebut yang saat ini diduga kuat menjadi penyebab terjadinya gagal ginjal akut pada anak.

Ia menyatakan pihaknya akan terus mematuhi segala kebijakan dan aturan yang ditetapkan pemerintah, termasuk memastikan semua lini produk yang diedarkan PT Konimex aman dikonsumsi masyarakat.

“PT Konimex tengah berkoordinasi dengan BPOM RI dan pihak-pihak terkait untuk memastikan bahwa seluruh produk Konimex dalam sediaan sirup telah melalui proses produksi sesuai Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dan aman untuk dikonsumsi sesuai anjuran,” ujar Rachmadi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...