RI dan AS Bahas Investasi Pengembangan Pusat Data hingga EBT

Tia Dwitiani Komalasari
27 Oktober 2022, 07:20
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan US Secretary of Commerce Gina Raimondo di Washington DC pada Selasa (25/10).
Humas Kemenko Perekonomian
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan US Secretary of Commerce Gina Raimondo di Washington DC pada Selasa (25/10).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan US Secretary of Commerce  Gina Raimondo di Washington DC pada Selasa (25/10). Pertemuan tersebut membahas perkembangan Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) dan usulan proyek-proyek infrastruktur potensial Indonesia yang dapat masuk dalam kerangka Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII). 

"IPEF Ministerial Meeting pertama di Los Angeles dan pertemuan tindak lanjut setelahnya berjalan dengan lancar. Selanjutnya, Pemerintah Amerika Serikat akan menyusun pedoman tiap-tiap pilar IPEF, dan mendiskusikan capaian konkretnya,” kata Raimondo dalam keterangan tertulis yang disampaikan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rabu malam (26/10).

Sementara itu, Airlangga menyambut dan merespons dengan baik perkembangan IPEF, “Kami memberikan apresiasi atas perkembangan IPEF sejauh ini dan mengingatkan kembali akan terwujudnya hasil konkret tersebut bagi negara-negara partisipan IPEF," ujarnya.   

Pemerintah Indonesia saat ini juga mengupayakan keanggotaan penuh dalam Financial Action Task Force (FATF) untuk memainkan peran penting dalam memerangi penghindaran pajak dan mempromosikan transparansi pajak global termasuk anti pencucian uang. Salah satu pokok bahasan dalam pilar 4 mengenai Fair Economy dalam IPEF dan Presidensi G20 Indonesia menyangkut juga isu penting FATF.  

Bahas investasi pusat data hingga EBT

Kedua menteri memberikan perhatian pada berbagai usulan proyek infrastruktur strategis yang dapat dikerjasamakan. “Negara-negara yang menjadi partisipan IPEF akan mendapatkan prioritas dalam pendanaaan infrastruktur dari Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII),” tegas Menteri Raimondo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...