Okupansi Pusat Belanja Jakarta Sudah 90%, Tapi 3 Mal Ini Gagal Bangkit

Tia Dwitiani Komalasari
11 Januari 2023, 17:25
Warga mengunjungi pusat belanja Senayan City Mal di Jakarta, Jumat (25/12/2020).
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Warga mengunjungi pusat belanja Senayan City Mal di Jakarta, Jumat (25/12/2020).

Rata-rata okupansi 98 mal atau pusat perbelanjaan di Jakarta sudah mencapai lebih dari 90% setelah pemerintah mencabut kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM pada 30 Desember 2022. Namun demikian,  sejumlah mal legendaris masih sepi pengunjung bahkan tokonya sudah banyak yang tutup.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia, Alphonzus Widjaja, mengatakan rata-rata tingkat kunjungan ke Pusat Perbelanjaan pada 2022 telah mencapai sekitar 90%. Pada 2023, dia menargetkan kunjungan mal mencapai lebih dari 100% dibandingkan dengan sebelum pandemi.

"Pusat perbelanjaan menyambut baik keputusan pemerintah perihal penghentian PPKM dikarenakan kebijakan tersebut diharapkan dapat mendorong serta mempercepat pemulihan kondisi usaha, terutama setelah pemerintah memperkirakan kondisi yang tidak mudah dan penuh tantangan pada tahun 2023 yang akan datang," ujarnya kepada Katadata.co.id, Rabu (11/1).

Sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2022 maka Pusat Perbelanjaan akan mendorong masyarakat untuk tetap melaksanakan Protokol Covid - 19 yaitu Protokol Kesehatan dan penggunaan PeduliLindungi.

"Namun tentunya hal tersebut adalah bukan merupakan suatu kewajiban ataupun keharusan sebagaimana diatur dalam Inmendagri dimaksud di atas," ujarnya.

Sejumlah Mal Gagal Bangkit

Namun demikian, tidak semua mal berhasil bangkit setelah kebijakan pandemi diabut. Sejumlah mal gagal bangkit dan masih sepi pengunjung. 

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, ada tiga mal yang masih sepi pengunjung. Sebagain vendor atau toko di mal tersebut bahkan sudah tutup permanen.

Tiga mal tersebut adalah Plaza Semanggi, Blok M Square, dan Ratu Plaza. Meskipun lokasinya berada di pusat kota Jakarta, namun mal tersebut seperti mati suri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...