PPKM Dicabut, Mal Sepi Pengunjung Belum Tentu Bakal Jadi Ramai

Nadya Zahira
6 Januari 2023, 18:21
mal, PPKM
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/wsj.
Pusat perbelanjaan Deli Park Mall di Medan, Sumatera Utara, Selasa (24/8/2021).

Sejumlah pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta sepi pengunjung meskipun lokasinya strategis atau di pusat kota. Pejabat Kementerian Perdagangan memperkirakan fenomena mal sepi pengunjung itu tidak akan berjalan lama.

Kebijakan pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM berpotensi meningkatkan mobilitas masyarakat ke ruang publik. “PPKM sudah dicabut, harusnya potensi mobilitas orang akan lebih banyak, tidak ada lagi hambatan kendala. Otomatis itu akan meningkatkan demand,” ujar Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Kasan, di Kantor Kementerian Perdagangan, Jumat (6/1).

Menurut Kasan, PPKM ini akan memberikan ruang yang cukup besar sehingga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang sempat lesu pada masa pandemi Covid-19.

BPS menyebutkan konsumsi rumah tangga berkontribusi hingga 50,38% terhadap PDB pada kuartal III 2022. "Bila PPKM dicabut mobilitas naik, akhirnya konsumsi rumah tangga minimal jadi stabil, dari pada tahun lalu,” ujarnya.

Namun, Kasan tak dapat memastikan mal-mal yang selama ini sepi bakal berubah menjadi ramai dikunjungi konsumen. 

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, setidaknya terdapat tiga pusat perbelanjaan yang sepi pengunjung di antaranya Mal Blok M Square, Ratu Plaza dan Plaza Semanggi.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...