Tol Cisumdawu Ditargetkan Beroperasi Penuh Mei 2023

Tia Dwitiani Komalasari
10 April 2023, 04:48
Foto udara pembangunan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) seksi 6 di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (28/12/2022).
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah /foc.
Foto udara pembangunan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) seksi 6 di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (28/12/2022).

Tol Cisumdawu akan beroperasi fungsional pada 15 April 2023 hingga masa mudik lebaran berakhir. Selanjutnya, tol Cisumdawu ditargetkan beroperasi penuh mulai Mei 2023. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono mengecek  persiapan rencana fungsional Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4 - Seksi 6 (Cimalaka – Dawuan) sepanjang 29,165 Km.

"Untuk Jalan Tol Cisumdawu insyaAllah dalam rangka mudik Lebaran 2023 nanti akan tembus dari Cileunyi sampai Dawuan. Untuk titik yang longsor di Seksi 5 sedang diselesaikan penanganannya, akan dibuka dua lajur untuk bisa fungsional pada 15 April 2023," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Minggu (10/4).

Basuki mengatakan, pengaturan lalu lintas saat dibuka fungsional sepenuhnya akan mengikuti arahan Korlantas Polri. Rekayasa lalu lintas tersebut akan berlaku sesuai kondisi di lapangan.

"Apakah akan diberlakukan contraflow, one way, atau buka-tutup semuanya mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi di lapangan dengan simulasi yang sudah disiapkan,” ujar Menteri Basuki.

Beroperasi Penuh Mei 2023

Usai dibuka fungsional untuk mudik Lebaran 2023, Basuki menargetkan seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat rampung dan mulai beroperasi penuh pada akhir Mei 2023. Pembukaan tol Cisumdawu tersebut sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan selesainya Jalan Tol Cisumdawu akan mendukung Bandara Kertajati yang akan mulai beroperasi secara bertahap setelah Lebaran 2023 untuk penerbangan umroh dan ibadah haji.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...