Dijual Murah, Pembelian Daging Kerbau Impor Dibatasi 2 Kg per Orang

Nadya Zahira
12 April 2023, 13:01
Petugas memeriksa daging beku impor di New Priok Container Terminal One (NPCT1), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (12//4/2023). Pemerintah melalui Perum BULOG mengimpor daging kerbau beku dari India sebanyak 18.000 ton untuk memenuhi ketersediaan dan
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Petugas memeriksa daging beku impor di New Priok Container Terminal One (NPCT1), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (12//4/2023). Pemerintah melalui Perum BULOG mengimpor daging kerbau beku dari India sebanyak 18.000 ton untuk memenuhi ketersediaan dan menjaga stabilitas harga daging pada bulan Ramadhan.

Perum Bulog akan menyalurkan 18 ribu ton daging kerbau impor dari India ke pasar tradisional dan ritel modern. Daging kerbau impor tersebut akan dijual maksimal Rp 90.000 per kg.

Harga daging kerbau impor itu lebih murah dari rata-rata harga daging sapi nasional yang mencapai Rp 138.600 per kg, berdasarkan data hargapangan.id. Namun, penjualan daging kerbau impor dibatasi maksimal hanya 2 kg per orang.

"Jadi masyarakat tidak boleh membeli borongan, ini pembeliannya dibatasi ya, nanti satu orang maksimal 2 kg," ujar Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso atau Buwas saat ditemui di Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (12/4).

Buwas mengatakan, pembelian lebih dari 2 kg hanya diperbolehkan untuk masyarakat yang berkecimpung di dalam usaha rumah makan seperti Warung Nasi, ataupun Warung Tegal (Warteg). Sedangkan untuk konsumsi rumah tangga dibatasi pembeliannya maksimal 2 kg per orang.

Ia mengatakan, pembelian daging impor kerbau maksimal 2 kg tersebut akan diawasi oleh koordinator pedagang di masing-masing pasar tradisional dan ritel modern. Selain itu, Satgas Pangan juga akan selalu mengupayakan untuk mengawasi agar tidak terjadi kecurangan.  

Buwas mengatakan, daging kerbau impor tersebut sudah dikemas per 1 kg dan akan dijual ke konsumen sebesar Rp 85.000 - Rp 90.000 per kilogram. Kemasan daging impor tersebut sudah tercantum Harga Eceran Tertinggi atau HET Rp 90.000 untuk mencegah pedagang menjual lebih mahal dari ketentuan.

Dijamin Halal

Buwas menjamin daging impor kerbau itu 100% halal karena sudah terferivikasi. Sehingga dia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak merasa khawatir terhadap kualitas daging tersebut.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...