Mentan: Daging Sapi dan Kerbau Over Stock Jelang Lebaran

Tia Dwitiani Komalasari
15 April 2023, 13:30
Menteria Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengecek ketersediaan sapi potong di Cold Storage atau tempat penyimpanan daging beku milik PT. Dua Putra Perkasa Pratama di Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (14/4).
Humas Kementerian Pertanian
Menteria Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengecek ketersediaan sapi potong di Cold Storage atau tempat penyimpanan daging beku milik PT. Dua Putra Perkasa Pratama di Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (14/4).

Stok daging sapi dan kerbau mecapai 374.784 ton jelang lebaran 2023. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan ketersediaan sapi potong jelang lebaran mendatang dalam kondisi aman.

Dia mengatakan, Kementan terus memantau stok daging sapi dan kerbau melalui sistem dalam jaringan atau daring. Dengan demikian, data stok terpantau aman dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Dan saya pastikan ketersediaan daging dan sapi hidup secara hitung-hitungan saat ini dalam posisi cukup bahkan sampai bulan April ini ada over stock yang cukup, baik dari sapi bakalan yang tadi kita lihat di Kabupaten Bekasi maupun sapi pedaging siap potong," ujar Syahrul saat mengecek ketersediaan sapi potong di Cold Storage atau tempat penyimpanan daging beku milik PT. Dua Putra Perkasa Pratama di Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (14/4).

Perkuat Distribusi

Syahrul mengatakan, pemerintah akan terus memperkuat posisi distribusi baik ke pasar besar maupun pasar lainya yang ada di Jabodetabek, termasuk pasar-pasar yang ada di luar pulau Jawa seperti Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera. Dengan demikian, kata dia, pasokan daging tersedia secara merata di seluruh Indonesia.

"Di tingkat supplier utama atau distributor, harga juga masih relatif terkendali, range dinamikanya masih normal. Tapi nanti kita akan perkuat posisi distribusinya baik ke pasar-pasar utama maupun daerah lain sehingga antara data dan validasi yang kita temukan sama semua," katanya.

Sekedar informasi, PT. Dua merupakan perusahaan produk daging sapi pengadaan asal Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. Saat ini ketersediaan daging sapi di sana kurang lebih mencapai 15 ribu ton serta 5 ribu ton untuk stok daging ayam.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...