Jalan Rusak Parah, APBD Lampung Habis untuk Belanja Pegawai

Tia Dwitiani Komalasari
18 April 2023, 12:52
Kondisi jalan yang rusak dan tergenang air di Terminal Rajabasa, Bandar Lampung, Lampung, Sabtu (1/4/2023).
ANTARA FOTO/Ardiansyah/tom.
Kondisi jalan yang rusak dan tergenang air di Terminal Rajabasa, Bandar Lampung, Lampung, Sabtu (1/4/2023).

Pemerintah Provinsi Lampung ramai disorot warganet setelah seorang warganya, Bima Yudho Saputro, mengkritik kondisi pembangunan di daerahnya melalui TikTok.  Terlebih setelah dia dilaporkan ke polisi karena dinilai melanggar Undang-undang Informas dan Transaksi Elektronik atau UU ITE. 

Bima mengunggah vie berjudul 'Alasan Kenapa Lampung Gak Maju-Maju'. Dia mengatakan, Lampung tidak maju karena infrastruktur yang terbatas. Dalam videonya, ia turut menyinggung banyaknya jalanan di Lampung yang rusak.

"Gue sering bahas jalan karena itu infrastruktur yang paling umum dan untuk mobilisasi ekonomi di Lampung. Tapi, jalan di Lampung tuh 1 km bagus, 1 km rusak, terus jalan ditempel-tempel doang. Ini pemerintah main ular tangga atau apa?" kata Bima dikutip dari video di akun Tiktoknya @awbimaxreborn, Selasa (18/4).

Selain itu, Bima juga menginggung banyak proyek pemerintah yang mangkrak di Lampung. 

"Contohnya Kota Baru, itu dari zaman gue SD, sampai sekarang gue enggak pernah dengar kabarnya lagi," kata Bima 

Kritik Bima pun banyak diamini warganet. Hanya dalam satu setengah pekan sejak diunggah, yakni 7-18 April 2023, video kritik Bima sudah mendapat sekitar 2 juta likes.

Sebagian warganet juga mengunggah burunya infrastruktur di Lampung, termasuk jalan yang rusak parah dan banyak genangan air.

APBD Habis untuk Kebutuhan Pegawai

Struktur APBD Lampung ternyata lebih banyak digunakan untuk belanja pegawai dibandingkan pembangunan infrastruktur. Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 10 Tahun 2022 Tentang Anggaran Pendaparan Belanja Daerah Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2023,  pendapatan daerah provinsi tersebut mencapai Rp 7,41 triliun.

Halaman:
Reporter: Adi Ahdiat
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...