Indonesia dan Uni Eropa Selesaikan Putaran ke-14 Perundingan IEU-CEPA

Image title
13 Mei 2023, 15:18
Uni Eropa, perdagangan, perdagangan internasional
ANTARA FOTO/Arnas Padda/hp.
Ilustrasi, suasana aktifitas bongkar muat di Makassar New Port (MNP), Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (26/1/2023).

Indonesia dan Uni Eropa telah merampungkan putaran ke-14 perundingan Indonesia European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA), yang berlangsung di Brussels, Belgia pada 8-12 Mei.

Pada pertemuan tersebut, delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur Perundingan Bilateral Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Johni Martha. Sementara, Komisi Uni Eropa dipimpil oleh Deputy Head of Unit for the Southeast Asia, Australia, and New Zealand Filip Deraedt.

Mengutip keterangan resmi Kementerian Perdagangan, terdapat 18 isu utama yang dirundingkan, antara lain perdagangan barang, ketentuan asal barang, perdagangan jasa, pengamanan perdagangan, investasi, pengadaan pemerintah, transparansi dan praktik penyusunan regulasi.

Kemudian, penyelesaian sengketa, ketentuan institusional, hak kekayaan intelektual, badan usaha milik negara, kerja sama ekonomi dan peningkatan kapasitas. Lalu, sistem pengadilan investasi, subsidi, kebijakan anti-fraud, energi dan bahan mentah, usaha kecil dan menengah, serta hambatan teknis perdagangan.

Adapun, beberapa Bab yang dapat diselesaikan pada putaran ini antara lain mengenai usaha kecil dan menengah (UKM), pengamanan perdagangan dan transparansi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...