KAI dan IRPS Kolaborasi Bikin Miniatur Lokomotif 3D Print Terbesar

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
7 Juni 2023, 18:10
Jenis lokomotif yang dijadikan miniatur adalah Lokomotif uap DD52 yang pernah beroperasi di Indonesia.
KAI
Jenis lokomotif yang dijadikan miniatur adalah Lokomotif uap DD52 yang pernah beroperasi di Indonesia.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkolaborasi dengan Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) akan memecahkan rekor pembuatan miniatur lokomotif 3D print terbesar se-Indonesia. Kegiatan ini berlangsung di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.

Kick-off pembuatan miniatur lokomotif ini dilakukan pada 7 Juni 2023. Hal ini sekaligus akan mencetak rekor selanjutnya yaitu Pameran dan Pengoperasian Printer Tridimensi Nonstop Terlama.

Jenis lokomotif yang dijadikan miniatur adalah Lokomotif uap DD52 yang pernah beroperasi di Indonesia. Lokomotif buatan Jerman dan Belanda ini didatangkan oleh perusahaan kereta api milik negara, Staatsspoorwegen (SS) sepanjang 1923 - 1924. Lokomotif DD52 memiliki panjang 20.792 mm dengan bobot 136 ton.

Pada dekade 1970-an, hanya tersisa dua lokomotif yaitu DD5203 dan DD5208 yang siap beroperasi. Dua lokomotif ini beroperasi hingga pertengahan 1970-an dan pada akhirnya dibesituakan pada pengujung 1970-an.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, merupakan suatu kebanggan KAI bersinergi dengan IRPS dalam menghadirkan kembali lokomotif uap bersejarah yang pernah melayani masyarakat Indonesia, meski dalam bentuk replika.

“Dengan adanya miniatur lokomotif uap DD52 di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng diharapkan sejarah perkeretaapian di Indonesia akan semakin dihargai, dicintai, dijaga, dan dapat memberikan manfaat serta pengetahuan bagi masyarakat luas,” kata Agus Dwinanto.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...