Apindo Berharap Calon Presiden Terima Masukan Pengusaha

Nadya Zahira
16 Juni 2023, 11:25
Perajin menata produk kerajinan bahan perca pada pameran The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2023 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (1/3/2023).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Perajin menata produk kerajinan bahan perca pada pameran The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2023 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo berharap calon presiden Indonesia di Pemilu 2024 mampu memahami permasalahan ekonomi secara baik. Ketua Umum Apindo Shinta Widjaja Kamdani mengatakan masalah ekonomi merupakan fokus utama pengusaha saat ini.

Beberapa masalah yang menjadi perhatian pengusaha yakni ketenagakerjaan, kebijakan perdagangan internasional yang adil, pengamanan pasar dalam negeri, serta pemanfaatan dan tata kelola sumber daya alam.

"Jadi kami tidak ikut serta dalam menentukan siapa Presiden nantinya, harus bagaimana, tapi persoalan ekonomi itu harus dikawal," kata Shinta kepada awak media di Jakarta, Kamis (15/6).

Apindo berharap pengganti Presiden Jokowi bisa mengajak dan mendengar masukan-masukan dari pengusaha. Ketua Dewan Pertimbangan APINDO, Sofjan Wanandi, mengatakan pengusaha yang mengetahui kondisi usaha di lapangan.

"Karena apapun yang terjadi dalam ekonomi kita, tentu pengusaha yang paling menderita,” kata Sofjan.

Ketua Dewan Pertimbangan Apindo, Sofjan Wanandi, mengatakan para pengusaha memandang permasalahan ekonomi menjadi hal yang krusial selama lima tahun ke depan.

"Pengusaha berharap bisa membawa ekonomi lebih baik, karena masalah kami sangat sulit untuk menghadapi masalah global dan dalam negeri kita sendiri," kata Sofjan Wanandi.

Survei Kurious-Katadata Insight Center (KIC) pada Februari 2023 menunjukkan, ada sejumlah masalah prioritas yang yang harus dibenahi pemerintah dan DPR baru. Di antaranya pertumbuhan ekonomi (68,7%), pengangguran (54,3%), inflasi (29,8%), stabilitas harga BBM (25,5%), dan kesiapan industri digital (21,7%).

Survei tersebut juga menunjukkan, ada sejumlah masalah prioritas yang yang harus dibenahi pemerintah dan DPR baru. Di antaranya pertumbuhan ekonomi (68,7%), pengangguran (54,3%), inflasi (29,8%), stabilitas harga BBM (25,5%), dan kesiapan industri digital (21,7%).

Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...