Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Juli 2023, Tarifnya Masih Gratis

Nadya Zahira
23 Juni 2023, 13:12
Foto udara kendaraan melintas di Simpang Susun Sumedang Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (16/12/2022). Dua ruas Jalan Tol Cisumdawu seksi 2 dan seksi 3 telah dibuka secara fungsional serta pengoperasiaa
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.
Foto udara kendaraan melintas di Simpang Susun Sumedang Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (16/12/2022). Dua ruas Jalan Tol Cisumdawu seksi 2 dan seksi 3 telah dibuka secara fungsional serta pengoperasiaannya masih belum dikenakan tarif guna mendukung jalur Natal dan Tahun Baru 2022.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menargetkan Jalan Tol Cisumdawu atau Cileunyi-Sumedang-Dawuan akan mulai beroperasi penuh pada awal Juli 2023. Sementara untuk jadwal peresmiannya akan berlangsung pada Juni ini.

“Setelah peresmian mudah-mudahan bisa beroperasi secara penuh. Kita targetkan di awal Juli sudah beroperasi penuh,” ujar Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Triono Junoasmono, saat ditemui di Tol Cisumdawu, Jumat (24/6).

Triono mengatakan, secara umum semua badan jalan Tol Cisumdawu sudah selesai, dan progres pembangunannya hampir 100%. Saat ini, penanggung jawab proyek hanya tinggal melakukan perapihan-perapihan serta pembersihan pada ruas jalan tol tersebut.

“Semuanya kan memang sudah selesai, tinggal perapihan, lalu mungkin pembersihan, dan lalu juga ada penanaman-penanam, beautifikasi dan sebagainya,” kata dia.

Menurut Triono, peresmian tol Cisumdawu tinggal menunggu ketersediaan waktu Presiden Joko Widodo. Setelah diresmikan, tol tersebut akan beroperasi penuh tanpa dikenakan tarif atau gratis selama dua minggu.

“Kita beroperasi penuh dulu, nanti setelah operasi biasanya ada waktu dua sampai tiga minggu untuk penerapan tarif nya,” kata Triono. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...