Harga Ayam Melejit, Bapanas Gelar Operasi Pasar Murah Jelang Idul Adha

Nadya Zahira
27 Juni 2023, 14:53
Penjual memotong ayam pesanan pelanggan di Pasar Palima Palembang, Sumatra selatan, Jumat (17/3/2023).
ANTARA FOTO/Feny Selly/nz
Penjual memotong ayam pesanan pelanggan di Pasar Palima Palembang, Sumatra selatan, Jumat (17/3/2023).

Harga daging ayam ras dan telur ayam ras mengalami kenaikan menjelang hari raya Idul Adha. Untuk meredam kenaikan harga ayam ras, Badan Pangan Nasional menggelar pasar murah di Jakarta.

Badan Pangan Nasional (BPN) bersama Perumda Dharma Jaya dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakarta menggelar operasi pasar ayam murah di sejumlah wilayah Jakarta selama tiga hari hingga seminggu.

"Mulai besok (28/6) akan melakukan operasi pasar di lokasi-lokasi yang telah ditetapkan untuk menjual daging ayam dengan harga relatif murah," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jakarta, Selasa (27/6).

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi memperkirakan harga ayam yang akan dijual itu berkisar di bawah Rp 36.000/kilogram. "Dinas KPKP DKI Jakarta akan menyiapkan lokasi di kelurahan-kelurahan yang ada di Jakarta untuk menggelar operasi pasar," ujar Arief.

Presiden Joko Widodo menginstruksikan Bapanas untuk menetapkan harga yang wajar di tingkat produsen (peternak) karena harga yang terlalu murah akan merugikan peternak.

"Sehingga harga jual di peternak harus wajar. Kita hitung harga pokok produksinya, kemudian harga di pedagang juga wajar," ujar Arief.

Arief juga meluruskan adanya temuan harga daging ayam yang mencapai Rp 50.000/kilogram saat Jokowi sidak ke Pasar Palmerah, Jakarta Pusat, pada Senin (26/6). "Harga daging ayam yang dijual Rp50.000/kg itu jenis ayam fillet. Jadi ini mesti diluruskan," katanya.

Arief menjelaskan, kenaikan harga daging ayam dua hari menjelang Hari Raya Idul Adha biasanya mencapai 5-10 persen. "Bila sudah sampai harga Rp 50.000/kg, tidak bisa ditolerir lagi," kata Arief.

Harga Telur Merangkak Naik

Rata-rata nasional harga telur ayam ras segar dan daging ayam ras segar saat ini kembali mengalami kenaikan. Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Nasional yang dikeluarkan Bank Indonesia, rata-rata nasional harga telur ayam ras segar mencapai Rp 31.750 per kilogram (kg) pada Selasa (27/6).

Harga telur tersebut naik dibandingkan rata-rata nasional harga telur ayam ras segar pada bulan lalu yang mencapai Rp 31.050 per kg.

Di Jakarta, harga rata-rata nasional telur ayam ras segar mencapai Rp 30.850 per kg. Kemudian, untuk harga telur ayam ras segar tertinggi terdapat di Nusa Tenggara Timur yang mencapai Rp 34.700 per kg.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...