Singapura dan Filipina Punya Program Serupa Prakerja, Ini Skemanya

Andrea Lidwina
4 Juli 2023, 22:36
prakerja, singapura, filipina,
Tim Komunikasi Prakerja
Konferensi Pembelajaran Sepanjang Hidup Inklusif di Bali, Senin (3/7). Foto: Tim Komunikasi Prakerja.

Pemerintah bersama Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Unesco) menggelar Konferensi Pembelajaran Sepanjang Hidup Inklusif (Inclusive Lifelong Learning Conference) di Bali. Salah satu yang dibahas adalah mendiskusikan praktik pembelajaran seumur hidup di sejumlah negara, termasuk di ASEAN.

Program Kartu Prakerja menjadi contoh praktik tersebut dari Indonesia. Prakerja menyediakan pelatihan bagi penduduk berusia 18-64 tahun untuk mengembangkan kompetensi mereka.

Selain itu, Prakerja melibatkan berbagai pihak dalam pelaksanaannya, yakni pemerintah, sektor swasta, serta masyarakat. Kerja sama ini lantas terintegrasi secara digital di platform Prakerja.

Sementara, pelatihan bagi penduduk usia sekolah yang tidak lagi duduk di bangku pendidikan formal berada di bawah tanggung jawab Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti mengatakan kementeriannya memberikan layanan paket kesetaraan berupa Paket A, Paket B, dan Paket C. Artinya, penduduk yang mengambil dan lulus Paket C setara dengan penduduk yang bersekolah formal dan lulus SMA.

“Di luar itu, kita juga punya program kursus keterampilan,” kata Suharti dalam konferensi pers ILLC di Bali, Selasa (4/7).

Kursus keterampilan itu dibedakan menjadi dua program. Pertama, Program Kecakapan Kerja (PKK), yang berorientasi mengembangkan keterampilan peserta sesuai dengan kebutuhan industri. Menurut data Kemendikbudristek, sebanyak 41 ribu peserta telah mengikuti program ini pada 2022.

Kedua, Program Kecakapan Wirausaha (PKW) untuk membekali peserta dengan pengetahuan, keterampilan, dan mental wirausaha. Tujuannya agar para peserta dapat membuka dan mengelola usaha sendiri. Sebanyak 22 ribu peserta berpartisipasi dalam program ini tahun lalu.

Halaman:
Reporter: Andrea Lidwina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...