PBB Berharap Prakerja Picu Partisipasi Perempuan di Sektor Teknologi

Andrea Lidwina
5 Juli 2023, 05:30
Prakerja, pbb, perempuan
Pexels
Prakerja Gelombang 49 Dibuka

Keterlibatan perempuan di sektor teknologi saat ini masih tergolong minim. Oleh sebab itu Entitas PBB untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan (UN Women) berharap keberadaan program seperti Kartu Prakerja mampu meningkatkan partisipasi pekerja perempuan di sektor teknologi.

Data UN Women, persentase pekerja perempuan di sektor teknologi secara global tercatat kurang dari 30% pada 2020. Bahkan, modal ventura global hanya menyalurkan 2% dari total pendanaan mereka bagi perusahaan rintisan atau startup milik perempuan pada tahun yang sama. 

Kepala Program UN Women Indonesia Dwi Faiz berpendapat tekanan dari masyarakat merupakan hambatan utama bagi kemajuan perempuan. Hal ini berdampak membatasi pengembangan inovasi dan teknologi yang mengutamakan kebutuhan perempuan.

Menurut Dwi, pembelajaran seumur hidup (lifelong learning) lantas dapat menjadi strategi masuk dan kembalinya perempuan ke pasar tenaga kerja. 

“Terutama di industri yang berkembang pesat, seperti teknologi dan inovasi,” kata Dwi dalam lokakarya “Women in Technology” di Konferensi Pembelajaran Sepanjang Hidup Inklusif (Inclusive Lifelong Learning Conference/ILLC) di Bali, Selasa (4/7).

Di Indonesia, Program Kartu Prakerja menjadi contoh platform pembelajaran seumur hidup tersebut. Prakerja menyediakan pelatihan bagi penduduk berusia 18-64 tahun, yang bertujuan mengembangkan kompetensi mereka.

Halaman:
Reporter: Andrea Lidwina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...