Harga Cabai Rawit Merah Anjlok hingga Rp 15.000 per Kg

Tia Dwitiani Komalasari
14 Juli 2023, 14:44
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah) berbincang dengan pembeli saat pantauan harga di Pasar Raya I Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (1/7/2023). Selain memantau harga bahan pangan pokok yang stabil setelah Idul Adha, Mendag juga belanja beberapa jenis b
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/aww.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah) berbincang dengan pembeli saat pantauan harga di Pasar Raya I Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (1/7/2023). Selain memantau harga bahan pangan pokok yang stabil setelah Idul Adha, Mendag juga belanja beberapa jenis bahan pangan pokok dan memberikannya kepada warga.

Harga cabai rawit merah anjlok hingga mencapai Rp 15.000/kg. Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, mengatakan harga cabai idealnya mencapai Rp 40.000/kg.

Harga cabai rawit yang anjlok tersebut ditemukan Zulkifli Hasan saat melakukan kunjungan kerja ke Pasar Blauran I, di Kota Salatiga, Jawa Tengah pada Jumat (14/7). Menurut dia, harga cabai yang rendah disebabkan suplai yang berlebihan dan permintaan yang berkurang.

Pria yang akrab disapa Zulhas tersebut mengatakan harga cabai rawit tersebut masih terlalu murah. Harga pangan yang rendah menyebabkan petani rugi dan bisa bangkrut.

"Kalau harga di pasar sekitar Rp20.000/kg, artinya harga beli di petani sekitar Rp10.000/kg. Petaninya rugi, bisa bangkrut. Harusnya harga cabai di kisaran Rp40.000/kg," kata Zulhas dikutip dari siaran pers Kementerian Perdagangan.

Zulhas berharap para petani dapat memanfaatkan teknologi untuk mengolah cabai agar dapat bertahan lebih lama. "Jalan keluarnya nanti kita berikan teknologi agar cabai dapat diproses menjadi cabai kering dan produk lainnya," ujarnya.

Harga Telur Masih Tinggi

Sementara itu, harga telur mencapai Rp 31.000 per kg. Menurut Zulhas, harga tersebut sudah turun dari sebelumnya, tapi masih tergolong tinggi.

"Daging ayam sudah Rp38.000 per kg, harga komoditas yang lain masih sesuai standar,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...