Ganjar: Pengukuran Lahan Bendungan Bener Sudah 100% Usai Ditolak Warga

Nadya Zahira
17 Juli 2023, 20:07
Ganjar: Pengukuran Bendungan Bener Sudah 100% Meski Diwarnai Konflik
Instagram/kemepupr
Menteri PUPR meninjau pembangunan Bendungan Bener di Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pengukuran lahan warga untuk Proyek Strategis Nasional Bendungan Bener di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, sudah mencapai 100% meski proyek tersebut sebelumnya menimbulkan konflik dengan warga setempat.

"Alhamdulillah sudah 100% pemiliknya diukur semua. Tapi ada catatan, karena pada saat pengukuran di awal itu, sebagian ada yang belum setuju dan tidak ikut menyaksikan," ujar Ganjar dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Senin (17/7).

Ganjar mengatakan, terkait permasalahan itu, ia sudah melakukan diskusi dengan warga di wilayah proyek Bendungan Bener yang menolak adanya pembangunan PSN tersebut, dan sudah mencari cara penyelesaian yang baik.

"Tapi seandainya ada yang belum setuju, silakan disampaikan secara terbuka karena kalau kita catat musyawarah formalnya belum dilakukan ya," ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan pendekatan secara persuasif dengan memenuhi permintaan warga sekitar. Adapun permintaan tersebut yakni, perbaikan terhadap beberapa fasilitas publik, termasuk jalan, hingga meminta adanya pelatihan UMKM.

"Kita kasih semuanya dan itu yang bikin kita bisa berkomunikasi dengan nyaman, dan mereka komunikasi dengan saya intens sekarang," ujar Ganjar.

Dia menjelaskan, permasalahan dengan warga sekitar Bendungan Bener itu yakni karena terdapat overlap alias tumpang tindih terkait data tanah warga. Hal itu disebabkan lantaran pada saat dilakukan pengukuran di awal, sebagian warga belum setuju sehingga tidak ikut menyaksikan. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...