Dubes Indonesia untuk Iran sebut RI Siap Tingkatkan Hubungan Dagang

Image title
23 Juli 2023, 17:49
Iran
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Ilustrasi, sebuah kapal bermuatan peti kemas melakukan peran pemanduan oleh kapal tunda saat akan bersandar di Pelabuhan Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Hossein Selahvarzi usai terpilih sebagai Kepala Kamar Dagang, Industri, Pertambangan dan Pertanian Iran (Iran Chamber of Commerce, Industries, Mines & Agriculture/ICCIMA), Duta Besar Indonesia untuk Iran Ronny Prasetyo Yuliantoro menyatakan kesiapan Indonesia untuk memperkuat hubungan ekonomi dengan Iran.

"Saya yakin pengalaman Anda dalam posisi penting ini akan menjadi aset berharga untuk mencapai tujuan dan aspirasi pemerintah Anda dan akan membantu mengembangkan kerja sama dengan negara-negara sahabat," kata Yuliantoro dalam pesannya, dikutip dari Tehran Times, Minggu (23/7).

Advertisement

Dalam pertemuan dengan Mehdi Zeyghami, penjabat kepala Organisasi Promosi Perdagangan Iran (TPO), di tempat organisasi awal bulan ini, Ronny mengatakan bahwa perjanjian perdagangan preferensial (Preferential Trade Agreement/PTA) penting untuk pengembangan perdagangan antara Iran dan Indonesia.

Ia menambahkan, bahwa Indonesia tengah mempelajari paket yang diusulkan oleh Iran, dan menyatakan harapan bahwa PTA antara kedua negara akan segera diselesaikan, karena perjanjian ini sangat penting untuk akses para pihak ke pasar masing-masing.

Dalam pertemuan tersebut, Duta Besar Indonesia mengundang pengusaha Iran untuk menghadiri pameran internasional Indonesia dan mengatakan, bahwa pameran perdagangan terbesar di Indonesia akan diadakan pada bulan Oktober mendatang siap menyambut para pengusaha Iran sebagai peserta dan pengunjung.

Kepala TPO, pada bagiannya, menyambut baik masalah ini dan merujuk pada pengiriman dan penerimaan delegasi perdagangan dan kehadiran aktif di pameran negara target sebagai prioritas organisasi ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement