Jokowi Bertemu Presiden Iran, Sepakati Promosi Perdagangan Dua Negara

Andi M. Arief
23 Mei 2023, 14:49
jokowi, iran, perdagangan
Youtube/Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo bersama Presiden Iran Ebrahim Raisi di Istana Bogor, Selasa (23/5). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo menerima kedatangan Presiden Iran Seyyed Ebrahim Raisi di Istana Bogor, Selasa (23/5). Dalam pertemuan tersebut, kedua kepala negara menyaksikan penandatanganan 10 nota kesepahaman kerja sama dua negara.

Jokowi secara khusus menyoroti tiga kerja sama dengan Iran, yakni tentang kesehatan, perekonomian, dan kereta api. Presiden mengatakan beberapa kerja sama dalam dengan Iran, yakni proyek percobaan operasi jarak jauh menggunakan robot dan pelayanan kesehatan jarak jauh. Jokowi mencatat kolaborasi pelayanan telemedicine di 11 puskesmas telah berjalan.

"Saya tadi juga menyampaikan terkait alih teknologi dan produksi bersama dengan BUMN Indonesia, serta kerja sama bioteknologi dan nanoteknologi untuk kesehatan, energi, pertanian, dan lingkungan," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (23/5).

Di samping itu, Presiden Jokowi telah meneken perjanjian perdagangan istimewa atau PTA dengan Iran. Secara sederhana, PTA bertujuan untuk memperluas perdagangan intra regional.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap PTA dapat meningkatkan aktivitas perdagangan antara Indonesia dan Iran. Pada saat yang sama, Jokowi menjajaki pembentukan kesepakatan antara pengusaha atau B2B.

Jokowi mendorong pembentukan kesepakatan antara pengusaha atau B2B saat berdiskusi dengan Presiden Raisi. Jokowi juga mengajak Raisi untuk berinvestasi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara dan solusi investasi sektor minyak dan gas.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...