Sandiaga Incar Devisa Rp 30 T dari Kunjungan Wisman ke Candi Borobudur

Nadya Zahira
25 Juli 2023, 08:10
candi borobudur, devisa, sandiaga uno, wisatawan mancanegara, wisman
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/tom.
Wisatawan mengunjungi Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang , Jawa Tengah, Selasa (4/7/2023).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno optimistis pendapatan devisa pariwisata bisa mencapai US$ 2 miliar per tahun dari target 2 juta kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Candi Borobudur.

“Saya optimis devisa pariwisata bisa mencapai sekitar US$ 2 miliar atau sekitar Rp 30 triliun, karena 2 juta wisatawan mancanegara ini adalah wisatawan yang berkualitas,” ujar Sandiaga kepada awak media, saat ditemui di kantornya, Senin (24/7).

Sandiaga mengatakan, adanya optimisme tercapainya devisa pariwisata tersebut karena ia yakin wisman yang datang untuk spiritual ke Candi Borobudur juga bisa mencapai 2 juta per tahun bahkan lebih.

“Saya optimis banget bisa mencapai 2 juta wisatawan mancanegara karena infrastrukturnya sudah terbangun, bandara Yogyakarta International Airport sudah kelas dunia, akan ada jalan tol, lalu juga akan ada kereta api yang menghubungkan ke Yogyakarta, dari Yogyakarta sudah ada pula perjalanan untuk mencapai Borobudur,” ujarnya.

Untuk itu, dia mengatakan saat ini pihaknya terus melakukan sejumlah upaya agar pariwisata Candi Borobudur bisa mencapai target 2 juta wisman per tahun. Adapun upaya tersebut salah satunya dengan menambahkan fasilitas beribadah untuk umat Budha. Namun, hal itu harus mendapatkan persetujuan dari UNESCO.

“Secara heritage tentu dikoordinasikan oleh pihak-pihak terkait termasuk UNESCO, karena kita menjaga aspek konservasinya,” kata dia.

Selain itu, dia mengatakan saat ini tidak ada pembatasan kunjungan ke atas candi Borobudur. Namun, secara daya dukung atau carrying capacity bahwa untuk naik ke atas Candi tersebut sudah dihitung jumlahnya, dan tidak bisa melebihi 1.000 orang per hari atau sekitar 300 ribu per tahun.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...