Tol Bocimi Seksi 3 Ditargetkan Rampung 2024, Tetap Digarap Waskita?

Tia Dwitiani Komalasari
9 Agustus 2023, 06:19
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Bogor, Ciawi, Sukabumi (Bocimi) di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran Tol Bocimi terpantau lancar.
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Bogor, Ciawi, Sukabumi (Bocimi) di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran Tol Bocimi terpantau lancar.

 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimistis pembangunan Tol Bogor - Ciawi - Sukabumi (Bocimi) Seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat dapat selesai pada akhir 2024.

"Kita optimistis Tol Bocimi Seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat pada akhir tahun 2024 dapat selesai," ujar Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja di Sukamahi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Selasa (8/9).

Menurut Endra, pembebasan lahan untuk seksi 3 tersebut sudah mencapai lebih dari 86 persen. 

Tetap Digarap Waskita?

Waskita sebelumnya ditetapkan untuk membangun Tol Bocimi 3. Namun perusahaan pelat merah tersebut sedang dalam proses restrukturisasi sehingga batal mendapatkan Penyertaan Modal Negara atau PMN.

Endra mengatakan, terdapat sejumlah opsi terkait pihak mana yang akan melanjutkan pembangunan Tol Bocimi Seksi 3. Pertama yaitu tetap dilanjutkan Waskita. Kedua yaitu dilanjutkan oleh Hutama Karya. Opsi lainnya adalah melalui PMN yang dititipkan melalui Hutama Karya. 

"Untuk Seksi 3 ada beberapa opsi yang mana salah satu opsinya dilanjutkan oleh Waskita tetapi ada investor lain yang masuk untuk ikut membangun seksi 3 Tol Bocimi," kata Endra.

Kendati demikian Endra mengatakan, Kementerian PUPR belum mengetahui keputusan mengenai opsi mana yang akan diambil.

Jalan Tol Ciawi - Sukabumi terdiri dari 4 seksi dengan total panjang keseluruhan 54 km. Hingga saat ini Seksi 1 Ciawi - Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu. Seksi 2 Cigombong-Cibadak yang diresmikan (4/8/2023) sebelumnya sudah pernah difungsikan untuk memperlancar arus mudik Lebaran 15 April 2023 sampai dengan 1 Mei 2023.

Kemudian dua seksi lainnya yakni Seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dan Seksi 4 ruas Sukabumi Barat - Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km.

Tol Bocimi menjadi alternatif penghubung jalur Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa di Wilayah Jawa Barat, tepatnya jalur Pansela Pelabuhan Ratu yang terkenal dengan wisata bahari.

Jalur Lintas Pansela Jawa Barat menjadi alternatif pengguna jalan, sehingga beban lalu lintas dapat terbagi dan tidak menumpuk di Tol Trans Jawa atau Lintas Pantura dan Lintas Tengah Jawa.

Dengan terhubungnya Jalur Pansela dengan Tol Bocimi juga diharapkan akan mempermudah akses menuju kawasan pariwisata di sekitar Sukabumi bagian selatan seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Puncak Habibie, Geopark Ciletuh, hingga Pantai Ujung Genteng.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...