Mulai Hari Ini, Jalan Tol Bocimi Seksi II Dibuka untuk Umum

Syahrizal Sidik
6 Agustus 2023, 14:10
Mulai Besok, Ruas Tol Cigombong–Cibadak Dibuka untuk Umum
Waskita Karya
Tol Bocimi

PT Waskita Toll Road (TRW) melalui anak usahanya PT Trans Jabar Tol (TJT) mulai mengoperasikan jalan tol Ciawi - Sukabumi ruas Cigombong–Cibadak sepanjang 11,9 kilometer mulai hari ini, Minggu 6 Agustus. Sedianya, jalan tol ini akan dibuka untuk umum paling lambat pada Senin besok. 

SVP Corporate Secretary, Ermy Puspa Yunita mengatakan, antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk melintas di jalan tol ini, setelah Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Ciawi–Sukabumi ruas Cigombong–Cibadak di Sukabumi pada Jumat, 4 Agustus 2023.

"Sehingga kami semua bekerja keras untuk penyempurnaan sistem guna meningkatkan pelayanan dan kenyamanan para pengguna jalan. Alhamdulillah setelah dilakukan final check pagi hari ini dan berkat kerja keras semua pihak, kami dapat mempercepat pengoperasian menjadi hari ini, Minggu, 6 Agustus 2023 pukul 14.00 WIB," kata Ermy, dalam keterangan resmi, Minggu (6/8). 

Dalam kesemptan terpisah, Direktur Utama TJT, Indhit Pertomo sebelumnya mengatakan pengoperasian ruas tol Cigombong–Cibadak akan memangkas waktu tempuh dari Jakarta menuju Sukabumi maupun sebaliknya dari sebelumnya 5 - 6 jam, kini dapat ditempuh dalam 2,5 jam saja.

Director Finance & Risk Management, Edie Rizliyanto mengatakan pengoperasian ruas tol ini merupakan bagian dari kontribusi WTR dalam meningkatkan konektivitas antar daerah di dalam negeri.

"Kami berharap adanya jalan tol ini dapat memberikan manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat. Serta dapat berkontribusi dalam peningkatan perekonomian di sekitar jalan tol Ciawi - Sukabumi," jelas Edie.

Untuk diketahui, Jalan Tol Ciawi - Sukabumi memiliki 4 seksi dengan total panjang keseluruhan 54 km. Seksi 1 Ciawi - Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018. Seksi II sepanjang 11,9 km akan mulai beroperasi mulai Senin besok.

Sedangkan, dua seksi lainnya yakni Seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dan Seksi 4 ruas Sukabumi Barat - Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km dalam progres pembebasan lahan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...