Waskita Toll Road Targetkan Jual Dua Ruas Tol Tahun Ini

Andi M. Arief
10 Agustus 2023, 17:40
waskita, waskita toll road, tol, divestasi
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/foc.
Foto udara kendaraan pemudik melintas di jalan tol Pejagan-Pemalang, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (29/4/2023).

Waskita Toll Road atau WTR menargetkan untuk menjual dua ruas tolnya pada tahun ini. Perseroan mengklaim rencana divestasi  dua ruas tol tersebut mendapatkan respon baik dari beberapa calon investor.

VP Corporate Secretary WTR Alex Siwu tidak menjelaskan lebih jauh siapa calon investor yang dimaksud. Alex mengatakan WTR telah menawarkan empat ruas tol kepada para calon investor.

"WTR saat ini sedang dalam proses diskusi dan negosiasi dengan para calon investor potensial tersebut," kata Alex kepada Katadata.co.id, Kamis (10/8).

Sebagian ruas yang ditawarkan oleh Waskita adalah Jalan Tol Pemalang-Batang dan Tol Kualanamu-Tebing Tinggi-Parapat. Alex tidak menjelaskan dua ruas tol lainnya yang ditawarkan kepada para investor.

Sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mendata Tol Pemalang-Batang memiliki biaya investasi lebih dari Rp 4 triliun dengan masa konsesi 45 tahun. Sementara itu, Tol Kualanamu-Tebing Tinggi-Parapat menelan investasi hingga Rp 13,4 triliun dengan masa konsesi 40 tahun.

Alex menjelaskan divestasi ruas tol merupakan implementasi strategi daur ulang aset yang diterapkan induk, yakni PT Waskita Karya Tbk. Menurutnya, strategi tersebut telah dijalankan sejak 2019.

Sejauh ini, WTR telah melepas pemilikan pada 17 ruas tol. Secara rinci, sembilan ruas tol pada 2019 dan empat ruas tol pada 2021.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...