Jalan Tol IKN Seksi 3A Rampung 2024, dari Balikpapan Hanya 30 Menit

Tia Dwitiani Komalasari
11 Agustus 2023, 08:57
Pekerja menggunakan alat berat mengerjakan proyek pembangunan tol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara segmen KKT Kariangau-Simpang Tempadung di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023). Pembangunan jalan tol yang menghubungkan Balikpapan denga
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Pekerja menggunakan alat berat mengerjakan proyek pembangunan tol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara segmen KKT Kariangau-Simpang Tempadung di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023). Pembangunan jalan tol yang menghubungkan Balikpapan dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara tersebut diharapkan mampu mempersingkat jarat tempuh dari dua jam menjadi 30 menit dan ditargetkan rampung pada akhir tahun 2024.

PT Hutama Karya (Persero) optimistis proyek pembangunan jalan tol akses Ibu Kota Nusantara atau IKN Seksi 3A dapat selesai tahun depan. Jalan tol tersebut dapat mempersingkat akses ke Balikpapan.

"Kami masih optimis pada tahun depan jalan tol itu bisa diharapkan selesai," ujar Direktur Utama Budi Harto di Jakarta, Kamis (11/8) seperti dikutip dari Antara

Budi Harto mengatakan, Hutama Karya dipercaya untuk melaksanakan konstruksi Jalan Tol Akses IKN yang lokasinya berada di Karangjoang – KKT Kariangau. Konstruksi fisik pembangunan tol tersebut mencapai 10 persen pada Juli 2023.

Total panjang Proyek Jalan Tol Akses IKN Seksi 3A yang ditangani oleh Hutama Karya sekitar 13,4 km. Pembangunan jalan tol tersebut terus berjalan beriringan dengan proses pembebasan lahan.

Budi mengatakan, tol IKN yang digarap oleh Hutama Karya diharapkan dapat memberikan kemudahan akses transportasi, merepresentasikan bangsa yang unggul dengan mewujudkan smart city atau kota pintar, membuka lapangan pekerjaan baru, menjadi destinasi pariwisata dan meningkatkan perekonomian daerah sekitar.

Pembangunan Jalan Tol IKN yang saat ini sudah berjalan terdapat pada tiga seksi, yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km.

Jalan tol yang akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yang sebelumnya dari sekitar dua jam menjadi hanya sekitar 30 menit.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...