Pemerintah Tak Khawatir Migor Langka Meski Tak Tersedia di Gerai Ritel

Yuliawati
Oleh Yuliawati
19 Agustus 2023, 15:07
Aprindo mengancam akan mengurangi hingga menyetop pembelian minyak goreng dari produsen.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Aprindo mengancam akan mengurangi hingga menyetop pembelian minyak goreng dari produsen.

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia atau Aprindo mengancam minyak goreng tak akan tersedia di jaringan pedagang peritel, buntut masalah utang rafaksi migor. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga meyakini minyak goreng tidak akan menjadi barang langka di pasaran seiring ancaman Aprindo.

Aprindo mengancam akan mengurangi hingga menyetop pembelian minyak goreng dari produsen sehingga bisa menyebabkan barang konsumsi rumah tangga tersebut menjadi langka. Langkah ini ditempuh karena pemerintah hingga sekarang belum membayar utang pembayaran selisih harga atau rafaksi migor senilai Rp 344 miliar.

“Dibilang minyak goreng nanti tiba-tiba jadi langka ya enggak begitu,” kata Jerry saat dimintai tanggapan mengenai polemik rafaksi minyak goreng di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (19/8).

Jerry menjelaskan bahwa minyak goreng seperti Minyakita, curah, hingga yang premium tidak hanya dijual di gerai ritel. Produk ini juga tersedia di pasar dan perdagangan daring. Sehingga, masyarakat masih bisa memiliki banyak akses untuk memperoleh minyak goreng.

"Intinya medium kita untuk memperoleh minyak goreng itu kan tersebar di mana-mana sehingga sekali lagi ini bukan kekhawatiran," kata dia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...