Raffi Ahmad Coba Kereta Cepat: Pekerja Jakarta Bisa Tinggal di Bandung

Andi M. Arief
13 September 2023, 17:55
Raffi Ahmad menjajal kereta cepat bersama Presiden Joko Widodo dari Stasiun Halim Jakarta, hingga Stasiun Padalarang Kabupaten Bandung Barat, Rabu (13/9).
Tangkapan Layar Instagram @raffinagita1717
Raffi Ahmad menjajal kereta cepat bersama Presiden Joko Widodo dari Stasiun Halim Jakarta, hingga Stasiun Padalarang Kabupaten Bandung Barat, Rabu (13/9).

Puluhan artis dan influencer mencoba menaiki Kereta Cepat Jakarta Bandung atau KCJB bersama Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu (13/9). Mereka pun menyampaikan kesannya saat menaiki transportasi yang menggunakan teknologi asal Cina tersebut. 

Aktor Raffi Ahmad menyampaikan KCJB merupakan bentuk kemajuan pesat bagi negara. Raffi berpendapat masyarakat Bandung yang ingin bekerja di Jakarta tidak harus tinggal di Jakarta dengan beroperasinya KCJB.

Di samping itu, warga Bandung yang bekerja di Jakarta tidak perlu membawa mobil pribadi saat ingin ke Kota Kembang saat akhir pekan. Dengan demikian, Raffi menilai pengoperasian KCJB dapat mengurai kemacetan di Bandung.

"Saya akan menggunakan kereta cepat ini. Uji coba ini saya bela-belain hadir, karena seharusnya saya pergi keluar negeri sekarang. Tapi rencana itu saya undur untuk mencoba kereta cepat ini," kata Raffi di Stasiun KCJB Padalarang, Rabu (13/9).

Beralih dari Mobil ke KCJB

Sementara itu, musisi Armand Maulana berpendapat performa KCJB setara dengan kereta cepat besutan Jepang dan Inggris. Kereta cepat yang dimaksud adalah Shinkansen di Jepang dan Eurostar di Britania Raya.

Beberapa fitur yang disoroti vokalis band Gigi ini adalah tidak ada getaran saat KCJB melaju 350 Km per jam dan kedap suara. Armand mengatakan dua fitur tersebut merupakan yang paling utama dalam menilai performa kereta cepat.

Oleh karena itu, Arman pun mengaku akan menggunakan KCJB saat harus mengunjungi Bandung dari Ibu Kota. "Pakai KCJB lah, mobil saya secepat apa memang?" ujarnya.

Presiden uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung
Presiden uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nym.)

Hal senada dikatakan Raper Ignatius Rosoinaya atau Igor Saykoji. Dia mengatakan tidak menyangka performa KCJB dapat memangkas waktu tempuh Jakarta-Bandung menjadi sekitar 30 menit. Menurutnya, dirinya tidak merasakan bahwa KCJB menempuh kecepatan hingga 350 kilometer per jam.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...