Menteri Teten: Setengah Pasar Daring Dikuasai E-Commerce Asing

Andi M. Arief
19 September 2023, 19:10
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki melakukan kunjungan kerja ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (19/9).
Andi M. Arief/Katadata
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki melakukan kunjungan kerja ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (19/9).

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan pelaku UMKM yang berjualan di pusat grosir busana Tanah Abang mengalami penurunan omset akibat kalah bersaing dengan pedagang luar negeri. Pedagang luar negeri ini menjual murah produk melalui platform online.

Teten menemukan mayoritas pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang berjualan daring pun hanya menjajakan produk impor. "Hari ini 56% pasar daring dikuasai e-commerce asing secara total pendapatan," kata Teten, Selasa (19/9).

Teten menilai pengadopsian penjualan daring oleh pedagang di pasar menjadi hal yang mendesak. Hal tersebut dinyatakan setelah melihat pertumbuhan pasar perdagangan elektronik di dalam negeri.

Bank Indonesia mendata transaksi elektronik di dalam negeri dilakukan sebanyak 3,49 miliar kali pada 2022 dengan nilai Rp 476 triliun. Adapun, nilai transaksi elektronik tersebut naik 18,8% dari capaian tahun sebelumnya senilai Rp 401 triliun.

Para pedagang di pasar tradisional seperti Tanah Abang ini pun sudah menjajal berdagang ke pasar online, tapi hasilnya tak sesuai harapan. "Mereka sudah jualan di online tapi mereka tidak bisa bersaing,” kata Teten.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief, Antara
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...