Tarif Tol Makassar Naik Mulai 29 September, Ini Rinciannya

Tia Dwitiani Komalasari
27 September 2023, 13:36
Pekerja beraktivitas di lokasi proyek jalan akses tol Makassar New Port (MNP) di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (16/11/2022). Progres pembangunan jalan akses tol MNP sepanjang 3,2 km tersebut telah mencapai 12,95 persen untuk mendukung operasional pelab
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/foc.
Pekerja beraktivitas di lokasi proyek jalan akses tol Makassar New Port (MNP) di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (16/11/2022). Progres pembangunan jalan akses tol MNP sepanjang 3,2 km tersebut telah mencapai 12,95 persen untuk mendukung operasional pelabuhan MNP dan ditargetkan selesai pada September 2023 .

PT Makassar Metro Network (MMN) sebagai satu dari dua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di Makassar memastikan tarif tol di kota tersebut akan naik mulai 29 September 2023. Kenaikan tarif tol berkisar dari Rp500 hingga Rp1.500.

Lima gerbang yang akan menerapkan penyesuaian tarif yaitu Gerbang Tol Cambaya, Gerbang Tol Kaluku Bodoa, Gerbang Tol Parangloe,Gerbang Tol Tallo Timur dan Gerbang Tol Tallo Barat untuk seluruh golongan kendaraan.

Direktur Utama PT Makassar Metro Network, Ismail Malliungan,  mengatakan bahwa penyesuaian tarif di lima gerbang Tol Ujung Pandang Seksi 1, 2, dan 3 dilakukan setelah melalui berbagai tahapan kegiatan sosialisasi dan edukasi.

Dia mengatakan, keputusan tersebut didasari oleh Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1147/KPTS/M/2023 tentang penyesuaian tarif tol pada Ruas Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 1, 2, dan 3 per tanggal 8 September 2023.

"Penyesuaian ini dihitung berdasarkan angka inflasi Kota Makassar dalam dua tahun terakhir sebesar 8,27 persen dari BPS yang dibulatkan ke Rp 500 untuk jarak paling dekat," ujarnya dikutip dari Antara, Rabu (27/9).

Ismail mengatakan, penyesuaian tarif ini dilakukan sebagai bentuk pengembalian dan kesinambungan investasi, kegiatan operasional dan pemeliharaan, serta peningkatan pelayanan jalan tol.

Program Tol Vaganza

Selain penyesuaian tarif, Pengelola Jalan Tol Makassar saat ini juga sedang mengadakan Program Tol Vaganza pada akhir tahun 2023 dengan tema “Lewat Jalan Tol Lebih Untung”. Program Tol Vaganza 2 ini merupakan program customer loyalty bagi pengguna jalan tol di Makassar.

Melalui program ini, pengelola Jalan Tol Makassar ingin memberikan apresiasi kepada pengguna jalan dengan memberikan berbagai keuntungan saat melewati jalan tol, di antaranya pengendara dapat menghemat waktu dan jarak tempuh perjalanan, serta berpeluang mendapatkan hadiah di tiap minggunya.

Program Tol Vaganza 2 berlangsung mulai 25 September hingga 31 Desember 2023 dengan memberikan berbagai apresiasi menarik dibanding periode sebelumnya. Tiga orang pengguna Jalan Tol Makassar berkesempatan mendapatkan logam mulia setiap minggu dan paket ibadah umroh gratis sebagai hadiah utama yang akan diundi pada akhir periode.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...