Genjot Turis Lokal, Sandiaga Akan Turunkan Harga Tiket Transportasi

Image title
Oleh Antara
13 Oktober 2023, 14:41
turis, wisatawan, pariwisata, sandiaga uno, kemenparekraf
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/Spt.
Wisatawan melakukan selam permukaan (snorkeling) di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu (9/9/2023).

Jumlah wisatawan domestik hingga Juni lalu masih di bawah 500 juta orang. Angka ini jauh di bawah target Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang mencapai 1,2 juta hingga 1,4 juta orang sepanjang 2023.

Untuk mendorong jumlah turis domestik, Menparekraf Sandiaga Uno membuka opsi menurunkan harga tiket transportasi umum menjelang akhir tahun. Langkah ini memerlukan koordinasi dengan kementerian atau lembaga terkait.

Advertisement

"Harga tiket ini banyak yang ingin dimurahkan. Jadi, tantangan kami memastikan solusinya hadir dalam dua bulan terakhir sebelum tutup tahun," kata Sandi di Jakarta, Jumat (13/10), dikutip dari Antara

Kemenparekraf juga bekerja sama dengan mitra, influencer, pelaku industri, media, dan agen travel untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. "Ini perlu kami sosialisasikan, masifkan, dan pastikan cara perhitungannya yang tepat untuk memberi dampak masyarakat, khususnya menciptakan lapangan kerja," ucapnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Juni 2023, pergerakan wisatawan Nusantara masih didmoniasi turis dari Pulau Jawa. Sebanyak 16,9% dari Jawa Timur, 17%  Jawa Barat, 14% Jawa Tengah, 7% Jakarta, dan 4,8% Banten. 

Kondisi berbeda terjadi pada jumlah turis asing yang masuk ke Indonesia. Jumlahnya telah melampaui target awal tahun yang mencapai 7,5 juta orang. Khusus Agustus 2023, kunjungan wisatawan mancanegara alias wisman mencapai 1,132 juta orang. 

Secara kumulatif, total kunjungan wisman dari Januari sampai Agustus 2023 mencapai 7.443.260 kunjungan. Angka ini naik 1,02% dibandingkan Juli 2023 dan naik 68,92% secara tahunan (year-on-year). 

Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement