Perdagangan Perdana Bursa CPO, Sawit Lokal Dijual Rp 11.305 per Kg

Andi M. Arief
20 Oktober 2023, 13:57
CPO, harga cpo, bursa cpo
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/nz
Ilustrasi.

Bursa Minyak Sawit Mentah atau CO telah beroperasi pada hari ini, Jumat (20/10), atau lebih cepat dari target sebelumnya pada pekan depan, Senin (23/10). 

Seluruh CPO tersebut diperdagangkan dengan kontrak pengiriman ke tangki CPO di Pelabuhan Dumai Riau. Nilai CPO yang disepakati tersebut telah termasuk ongkos kirim dari tangki penjual ke tangki pembeli di Pelabuhan Dumai.

Perdagangan tersebut terjadi pada sesi pertama Bursa CPO, yakni pukul 10.00 - 11.00 WIB. Pemain Bursa CPO yang aktif dalam perdagangan tersebut hanya dua dari 18 pihak yang tertelah menerima otorisasi PT Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia atau ICDX.

"Saya tidak terlalu berharap banyak pada perdagangan hari ini, karena baru hari pertama. Bahwa penoperasian Bursa CPO lebih cepat dari target itu sudah hal yang positif," kata Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Didid Noordiatmoko di kantor ICDX, Jumat (20/10).

ICDX menetapkan nilai awal CPO pada perdagangan perdana tersebut mencapai Rp 12.485 per kg. Angka tersebut didapatkan setelah mempertimbangkan harga CPO di Bursa Rotterdam dan Bursa Malaysia.

Perdagangan perdana Bursa CPO menghasilkan harga CPO yang lebih rendah 9,45% dari harga yang ditetapkan ICDX. Meski demikian, Didid menekankan , tujuan pengoperasian Bursa CPO bukan membuat harga sawit domestik lebih tinggi.

"Bukan soal itu, tapi harganya adil. Tadi dibuka Rp 12.000 per kg, dapatnya Rp 11.000 per kg.  Kalau kejadiannya seperti itu, itulah harga yang fair," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...