Rekor Tertinggi, Jumlah Penumpang Kereta Cepat 18.000 Orang Sehari

Safrezi Fitra
5 November 2023, 14:26
Kereta Cepat whoosh, Jumlah Penumpang Kereta Cepat, rekor jumlah penumpang kereta cepat whoosh, jumlah penumpang whoosh
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung parkir usai peresmiannya di Stasiun Padalarang, Jawa Barat, Senin (2/10/2023).

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh tembus 18.000 orang dalam satu hari pada Sabtu (4/11). Jumlah itu menjadi rekor tertinggi selama Kereta Cepat Whoosh dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023.

Menurut KCIC, lonjakan penumpang ini terjadi karena adanya masyarakat di akhir pekan mayoritas untuk berlibur, diikuti untuk urusan bisnis, bekerja, dan kepentingan lainnya. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang ini, KCIC menambah empat perjalanan Kereta Cepat Whoosh di akhir pekan.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menyebutkan animo masyarakat menggunakan Kereta Cepat Whoosh di akhir pekan sangat tinggi. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan dan tingginya permintaan masyarakat mulai 1 November KCIC menjalankan 28 perjalanan Kereta Cepat Whoosh reguler.

"Jumlah tersebut kembali ditambah sebanyak empat perjalanan kereta untuk akhir pekan ini sehingga total menjadi 32 perjalanan. Jumlah ini menjadi jumlah perjalanan terbanyak per hari sejak Kereta Cepat Whoosh dioperasikan," kata Dwiyana dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (5/11).

KCIC mencatat volume penumpang Kereta Cepat Whoosh pada Sabtu (4/11), mencapai 18.053 penumpang dengan tingkat okupansi mencapai 94-100 persen. Jumlah tersebut meningkat 33 persen dibanding pekan sebelumnya pada Sabtu (28/10) dengan volume sebanyak 13.490 penumpang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...