Boy Thohir: Indonesia Mitra Perdagangan Terbesar ASEAN untuk Zhejiang

Tia Dwitiani Komalasari
13 November 2023, 22:36
Ketua Kadin Komite Tiongkok,Garibaldi Thohir atau Boy Thohir, memberikan sambutan dalam agenda Kadin Indonesia - Zhejiang Gala Dinner, di Jakarta, Senin (13/11).
Istimewa
Ketua Kadin Komite Tiongkok,Garibaldi Thohir atau Boy Thohir, memberikan sambutan dalam agenda Kadin Indonesia - Zhejiang Gala Dinner, di Jakarta, Senin (13/11).

Ketua Kadin Komite Tiongkok,  Garibaldi Thohir atau Boy Thohir, mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara terbesar di ASEAN yang menjadi mitra perdagangan Provinsi Zhejiang, Cina. Nilai ekspor impor Indonesia dengan Provinsi Zhejiang bahkan naik signifikan.

"Pada 2022, nilai impor-ekspor Indonesia dengan Provinsi Zhejiang mencapai US$ 22,71 miliar dan naik 30 persen dari tahun sebelumnya," ujar Boy Thohir, dalam agenda Kadin Indonesia - Zhejiang Gala Dinner, Senin (13/11).

Sementara nilai impor Zhejiang dari Indonesia juga terus meningkat hingga mencapai US$ 9,91 miliar pada 2022, naik 34 persen dari tahun sebelumnya.

Selain itu, Boy mengatakan, jumlah mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Kota Hanzou juga meningkat menjadi lebih dari 300 mahasiswa pada 2022.

Dia mengatakan, Kadin Indonesia Komite Tiongkok selalu berupaya untuk bekerja sama dengan pemerintah guna memastikan bahwa kerja sama ekonomi bilateral indonesia – Tiongkok dapat terus berjalan dengan lancar. Dengan demikian, hal itu dapat meningkatkan kepercayaan investor untuk berinvestasi di Indonesia.

"Dalam 10 tahun kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia dan Tiongkok, hubungan kerja sama strategis antara Indonesia dan China terus meningkat dalam berbagai sektor, termasuk kerja sama dengan Provinsi Zhejiang," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...